Blogger Pemula dan yang Wajib Dilakukan Agar Berkembang Ala Rey

cara blogger pemula menghasilkan uang

Blogger pemula di zaman sekarang tuh makin banyak ya, khususnya sejak pandemi lalu di mana kegiatan secara online mendunia dalam segala bidang.

Banyak orang yang berlomba-lomba menghasilkan uang dari kegiatan online, salah satunya dengan menjadi seorang blogger atau narablog.

Kalau ngomongin tentang blogger pemula, saya jadi teringat akan pengalaman di awal tahun 2018 silam. Di mana ketika tahun itu saya memutuskan untuk serius membangun blog dan menjadi profesional blogger. Atau dengan kata lain, blogger yang bisa menghasilkan uang dari blognya.

Ketika itu, saya menghabiskan begitu banyak waktu terpaku di depan laptop, nggak siang, nggak malam. Bahkan sampai begadang hingga siang, udah jadi semacam rutinitas saya.

Begadangnya pun, dengan menggembol si bayi yang menyusu hingga tertidur.

Punya bayi dan anak SD ketika itu memang menjadi sebuah tantangan tersendiri ketika memulai serius ngeblog. Tapi, bersyukur banget saya memang dibesarkan oleh seorang bapak yang sangat keras mendidik anaknya ini ketika masih kecil.

Sehingga, hal-hal yang menantang seperti itu, tetap bisa saya hadapi, jalani dan lalui.  


6 Hal yang Wajib Dilakukan oleh Blogger Pemula agar Cepat Berkembang Ala Rey

By the way, ide tulisan saya kali ini terinspirasi dari pertanyaan beberapa orang yang menghubungi saya lewat DM instagram (mostly) dan email.

tips untuk blogger pemula

Rata-rata bertanya tentang apa saja sih yang harus mereka lakukan biar bisa cepat berkembang. Karena kebanyakan udah punya blog, tapi kok susah mendapatkan tawaran kerja sama.

Ketika saya jelaskan bahwa tidak semua orang 'hanya punya blog' langsung ditawari job blogger kemudian menikmati hasil dari ngeblognya. Terutama bagi para blogger pemula, ada hal-hal yang harus dilakukan secara konsisten untuk membuatnya cepat berkembang dan bersaing dengan ratusan blogger di Indonesia.

Lalu, harus ngapain saja? yang jelas, nggak jauh-jauh dari kebalikan pembahasan kesalahan blogger pemula.  

Berikut beberapa hal yang saya lakukan, ketika dulu baru menekuni dunia blogging, dengan kata lain menjadi blogger pemula, di antaranya:


1. Rutin menulis di blog

Bagi yang pernah beberapa kali membaca tulisan tentang blogging di blog ini pasti menyadari. Bahwa one advice dari saya yang nggak pernah berubah dari dulu adalah, bahwa blogger itu wajib mencintai menulis, sehingga rajin menulis di blog secara rutin.

Karena modal utama bagi seorang blogger adalah menulis di blog, bukan semata mempunyai blog.

Terlebih jika kita merupakan seorang blogger pemula, yang tentu saja branding tentang diri sebagai blogger, maupun blognya, belum seterkenal blogger lainnya.

Begitu juga dengan performa blognya.

Untuk itu, hal utama yang wajib dilakukan oleh blogger pemula adalah, rutin menulis di blognya. 

Demikian juga saya dulunya, ketika memutuskan serius ngeblog, saya jadi rutin meng-update artikel terbaru di blog. Dan lucky me hal itu tidak terlalu sulit, karena saya mencintai menulis. 


2. Perbaiki tampilan blog agar responsif sehingga eye and read friendly 

Langkah berikutnya adalah, mempersiapkan tampilan blognya agar nyaman dibaca oleh pengunjung. Salah satu caranya dengan menggunakan template yang responsif.

Template responsif adalah, tampilan blog yang bisa menyesuaikan dengan apapun platform pembaca. Jadi, para pembaca yang mengakses blog kita, baik melalui laptop atau tampilan dekstop, melalui tablet, hingga ponsel, tetap nyaman untuk dibaca.

Bukan hanya responsif, tapi pemilihan tampilan blog yang eye and read friendly itu penting. Baik pemilihan font tulisan, besar huruf, hingga warna font berbanding warna background-nya.

Sebaiknya pilih yang eye and read friendly, atau tidak bikin sakit mata ketika membaca tulisannya.

Misal, warna favorit kita adalah pink, kek si Rey ini. Hanya karena warna favorit saya pink, bukan berarti saya pakai font cantik warna pink, dengan background pink juga pulak.

Kasian banget yang nonton bisa nangis gegara matanya jadi pink, mana kurang jelas dibacanya.

So, mendingan sih pilih tampilan yang simple, dengan perpaduan warna yang juga simple, misal hitam dan putih. Dengan pilihan jenis font yang biasa saja, nggak perlu yang terlalu aestetik sampai sulit dibaca.  

Akan lebih baik juga, jika navigasi di tampilan blog kita jelas, misal selalu menampilkan arsip tulisan kita. Sehingga pembaca yang ingin membaca tulisan lama di blog kita, bisa dengan mudah menemukannya melalui arsip blog tersebut. 

Agar lebih maksimal, pastikan loading blog kita nggak terlalu berat, salah satunya dengan bijak menempelkan widget pada blog. Widget yang tidak seberapa penting, sebaiknya hilangkan saja.

Misal, widget jam, lagu dan semacamnya.

Ketika awal serius ngeblog di tahun 2018 lalu, saya menghabiskan waktu berjam-jam mantengin laptop, bukan sekadar menulis artikel saja. Tapi juga mengutak atik tampilan blog, baik melalui widget maupun kode html.

Saya ingat banget, hanya dengan bermodalkan keyword, 'setting blog SEO friendly'. Lalu mencoba satu persatu petunjuk dari artikel blog yang saya baca, sampai akhirnya bisa mengganti tampilan blog yang lumayan nyaman diakses dan dibaca pengunjung. 


3.  Rajin blogwalking dan tinggalkan komentar yang baik dan relevan 

Setelah mempersiapkan tulisan terbaru setiap saat dan mengubah tampilan blog jadi responsif  dan read friendly, berikutnya kita siap 'memancing' blogger lain untuk berkunjung ke blog kita.

Salah satunya, dengan cara melakukan blogwalking ke blog para blogger lainnya.

Ini juga menjadi salah satu rutinitas saya ketika awal-awal menekuni blogger pemula dulu. Terlebih, ketika itu saya hanya fokus ke 1 blog saja, yaitu reyneraea.com ini. Jadinya saya masih punya stock waktu untuk berkunjung. Bahkan membaca beberapa artikel menarik dan meninggalkan komentar yang selalu 'menarik perhatian' bukan hanya pemilik blog, tapi juga yang pembaca dari blog tersebut.

Karena itulah, dengan cepat blog saya, sekaligus diri saya sebagai blogger dikenal banyak blogger lainnya, dan mereka kemudian mengajak saya untuk ikut job blogger, baik event blogger maupun job secara online.

Sebagai tips buat para blogger pemula, ketika berkunjung ke blog lainnya, pastikan untuk meninggalkan komentar yang sangat relevan dan baik.

Salah satunya, dengan memberikan komentar yang panjang yang tentunya berkaitan dengan isi artikelnya ya, agar empunya blog atau pembaca lainnya bisa teralihkan dan penasaran dengan akun dan blog kita.

Jangan lupa pula untuk menyematkan alamat blog di kolom nama, jika kolom untuk url blog tidak disiapkan, pastikan untuk mengganti kolom nama dengan url blog kita. Jadi, orang yang penasaran akan komentar kita, bisa dengan mudah menemukan blog kita, dan membaca tulisannya.

 

4. Bergabung dan aktif di komunitas blogger 

Untuk lebih memperluas relasi teman blogger, sekaligus mendapatkan ilmu-ilmu blogging terbaru. Termasuk mendapatkan kesempatan job blogger, pastikan untuk mengikuti semua komunitas blogger yang ada.

Di Indonesia, ada banyak komunitas blogger yang terkenal. Ada Komunitas Emak Blogger atau KEB, komunitas Blogger Perempuan atau BP, Bloggercrony dan masih banyak lagi.

Sebagai referensi, temans bisa juga mengikuti komunitas penulis, di mana para blogger juga banyak yang bergabung di sana.

Setelah bergabung, jangan duduk manis aja di dalam grup, pastikan untuk sesekali aktif dalam obrolan maupun diskusi yang ada.

Blogger pemula juga bisa menge-share url blogpost-nya di facebook grup komunitas blogger. Pastikan untuk mematuhi aturan grup yang berlaku ya, sebelum kita menge-share link blogpost.


5. Rajin menambah ilmu dan praktik tentang blogging

Jangan malas untuk selalu menambah ilmu dan sekalian langsung praktik tentang blogging. FYI, ilmu tentang blogging itu buanyaaaakkkk banget.

Mulai dari mempersiapkan tampilan blog agar lebih ringan dan SEO friendly, menulis secara SEO agar tulisan kita bisa ditemukan paling atas di mesin pencarian dan dibaca banyak orang. 

Cari ide tulisan yang menarik, belajar menulis yang baik dan menarik serta punya ciri khas. Hingga evaluasi blog yang melibatkan google analytic, google search console dan lainnya. Termasuk evaluasi blog menggunakan platform pihak ketiga seperti Ahrefs dan lainnya.

Banyak banget kan, that's why, menjadi blogger itu, tidak hanya sekadar punya blog semata. Tapi terus belajar dan langsung praktik agar bisa melihat langsung bagaimana hasilnya.


6. Selalu menjaga attitude dan 'mengosongkan gelas'

Last but not least is selalu bisa 'membawa diri' dengan baik, ketika berinteraksi dengan blogger lainnya, baik online maupun offline. 

Jaga attitude dengan saling menghormati, selalu 'mengosongkan gelas' agar bisa menyerap banyak ilmu dari pengalaman para blogger lainnya.

Yang paling penting adalah, menjaga attitude ketika akhirnya berhubungan dengan para klien yang mengajak kerja sama dengan blog kita. 


QnA Tentang Blogger Pemula

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban atau question and answer tentang blogger pemula yang sering ditanyakan teman-teman:

pertanyaan untuk blogger pemula

1. Bagaimana langkah awal menjadi blogger?

Tentu saja dengan membuat blog terlebih dahulu, caranya bisa googling atau baca tulisan saya tentang langkah-langkah bikin blog sederhana di blogspot berikut.

Lalu isi blog tersebut dengan tulisan, lalu beli domain agar blog jadi lebih terlihat profesional. Setelahnya ikuti ke-6 hal yang saya jabarkan di atas.


2. Bagaimana cara menjadi blogger yang sukses?

Off course dengan konsisten!

Konsisten menulis di blog.

Konsisten mempelajari ilmu terbaru tentang blog.

Konsisten menerapkan ilmu blog.

Dan konsisten melakukan semua kegiatan blogging setiap hari, setidaknya di weekday.


3. Apa yang dilakukan seorang blogger?

Ya menulis di blognya, mencari ide tulisan yang menarik dan dibutuhkan banyak orang dan dengan materi yang dikuasai sang blogger.

Selalu konsisten melakukan job desk blogger, sampai akhirnya menjadi salah satu blogger profesional dan bisa menghasilkan uang melalui beberapa cara dengan modal blognya. 


4. Langkah pertama ketika membuat blog yang menarik bagi pemula adalah?

Menulis artikel yang disukai dan dibutuhkan banyak orang, pastikan tampilan blog responsif dan eye and read friendly.


Kesimpulan dan Penutup

Menjadi blogger pemula pasti dilalui oleh semua blogger, termasuk para blogger senior, juga Rey di blogger ala-ala senior ini, hahahaha.

Semua blogger pemula pasti akan berkembang dan menjadi blogger profesional, asalkan melakukan beberapa hal penting di antaranya:

  1. Konsisten menulis di blog.
  2. Membuat tampilan blog jadi responsif dan nyaman untuk dibaca.  
  3. Rajin blogwalking dan meninggalkan komentar yang relevan dan baik di artikel blog lainnya.
  4. Bergabung di beberapa komunitas blogger dan penulis, serta aktiflah berinteraksi.
  5. Selalu menambah ilmu blogging dan praktikan langsung.
  6. Menjaga attitude, baik ke sesama blogger maupun pada klien.

Dengan rutin melakukan ke-6 hal di atas, maka secara perlahan blogger pemula akan berkembang menjadi blogger profesional dan bisa menghasilkan uang melalui blog.

Demikianlah ke-6 hal yang wajib dilakukan oleh blogger pemula agar dapat cepat berkembang, berdasarkan pengalaman pribadi si Rey.


Surabaya, 04 Juni 2024

Blogger Surabaya - Reyne Raea

Sumber: opini dan pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey

8 komentar :

  1. Agreeeeee sangat sangat 🤗🤗🤗. Jadi ingat pas aku baru awal2 nulis di blog. Sempat tiap hari posting hahahahah.

    Tapi memang belum mulai rajin BW waktu itu. Aku mulai rajin BW pas kenal almarhum mas cumi lebay deh, yg ngajarin utk lebih dikenal dengan blogger lain, ga harus mulai BW juga ke blog yg lain. Dan dia aja yg udh jadi blogger hebat saat itu tp masih rapiin bgt BW kemana2. Saluuutt.

    Mungkin ajaran mas cumi yg itu, yg sampe skr msh aku pegang dan jalanin sih, rajin BW.

    Konsisten nulis masih, tp aku ga bisa sesering kamu Rey 😅. Seminggu sekali cukup lah, yg penting konsisten 😄. Supaya ada waktu juga buat BW soalnya 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadinya gaya ngeblog alm. Cumi lebay nurun ke Mba ya.
      Kalau saya cuman konsisten nulis aja sih, yang lain masih ngos-ngosan, misal blogwalking, pengen deh bisa rutin BW kayak dulu :D

      Hapus
  2. Nomor 2 sampe 6 Alhamdulillah udah rutin dilaksanakan mbak.
    Tinggal nomor 1 nih malah yang susah, hahaha. Emang yaa konsisten itu berat. Apalagi ketika kerjaan melanda, mood gundah gulana, dan anak lagi ruweeeet gatau maunya apa.

    Tapi kusenang, blogger tetap ada dan tidak tenggelam. Setidaknya, dengan menjadi blogger aku bisa punya lebih banyak teman yang positif ketimbang teman-teman random di sosial media.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, iyaaaa... konsisten ini paling menantang :D
      Bener banget, medsos terlalu riuh, sakit pala saya kalau kelamaan di sana, hahaha

      Hapus
  3. Konsisten adalah sesuatu sulit yang harus dipertahankan oleh para blogger. Konsisten adalah sesuatu yang mudah tapi tidak semudah itu untuk dipraktekan. Keren

    BalasHapus
  4. Bener dah. Saat kita BW ke blog teman blogger lain tuh, kita bisa sekalian belajar. Kayak tema apa yang lagi banyak disukai, gimana cara menulis yang menarik dan lain-lain.

    Termasuk soal tampilan blog juga. Melihat blog teman lain bakal bikin kita merasa, "oh begini lho tampilan blog yang kusukai."

    atau

    "oh, tampilan blog begini tuh terlalu rame. mengganggu banget."

    Semacam itulah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benerrrrr, banyak pelajaran yang bisa kita ATM juga :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)