Melanin Hero Ajak Wanita Indonesia Bangga Akan Kulit 'Gelap'nya

acara melanin matters surabaya

Melanin Hero bikin saya dan banyak wanita di Hedon Estate | Kitchen & Lounge Surabaya, siang tadi jadi terharu dalam acara Melanin Matters dengan tema Blossoming Body and Soul.

Penasaran nggak, kok bisa?. Sebelum saya kasih tahu lebih jauh, pengen nanya deh!. 

Pernah nggak, Temans merasa insecure dengan warna kulit yang dimiliki?, terutama yang kulitnya adalah coklat?

Saya pernah dong.

Waktu kecil dulu sih tepatnya.

Jadi saya punya kakak perempuan, yang terlahir dengan kulit cerah, sepertinya dia memiliki gen dari saudara ortu yang memang berkulit cerah.

Hanya berselang setahunan, sayapun lahir dan memiliki gen dari ortu, yakni kulit sawo matang.

Saya dan kakak punya wajah yang mirip, tapi kulitnya berbeda, dan tak ayal lagi harus kesal karena dibanding-bandingkan sejak kecil dulu.

Sampai akhirnya saya tumbuh dewasa dan sering merasa minder karena kulit yang lebih gelap dari kakak saya. Padahal, kulit saya tergolong sehat, cuman nggak secerah kakak saya aja.   

Dan ketika saya mulai mengenal skincare, satu-satunya skincare yang dicari adalah, skincare untuk memutihkan kulit. Beruntung sih saya nggak sampai kenal skincare yang abal-abal.

Atau lebih tepatnya, saya nggak kuat memakai skincare abal-abal yang klaimnya memutihkan itu. Dulu, pernah sekali dipaksa oleh teman untuk membeli krim racikan.

Dasar saya nggak bisa nolak gitu, jadilah saya beli dan pakai tuh skincare selama 3 harian doang. Setelahnya nggak berani diteruskan, karena masya Allaaaaaahhh, kulit saya langsung terkelupas, dan perihnyaaaaa naudzubillah kalau kena air.

Saya pengen cantik dan putih sih, tapi nggak mau juga kalau harus melalui kulit beneran 'dikupas' dengan sadis gitu, hahaha.

Butuh waktu lama bagi saya untuk akhirnya bisa menerima, ya udahlah ya kulit saya emang begini. Wajahnya lebih coklat ketimbang tangannya.

Kebalik ya, biasanya cewek-cewek tuh ya, mukanya putih, tangannya coklat, kalau saya kebalikan. Tapi saya nggak peduli lagi, yang penting kulit saya bersih dan sehat, dan warnanya enggak merah, kuning atau hijau maupun biru, nggak masalah, hahaha.


Masalah Wanita kulit Gelap dan Standar Kecantikan yang Salah

Beruntung sih saya, sudah mulai belajar menerima dan mencintai warna kulit yang nggak terlalu cerah kayak matahari *eh, hehehe.

Tapi, saya rasa masih banyak, bahkan bertambah banyak wanita saat ini yang merasa insecure akan warna kulitnya yang mungkin tidak secerah artis Korea.

Apalagi dengan standar kecantikan yang berlaku di masyarakat sejak lama di mana wanita cantik itu adalah yang putih, tinggi, langsing kayak bihun *eh.

Rasa insecure ini, akhirnay dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang nggak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan risiko yang akan ditanggung masyarakat.

Mulai dari maraknya yang menjual krim atau skincare abal-abal dengan klaim memutihkan. Sedihnya, skincare seperti ini seringnya digemari masyarakat. Tidak peduli produk skincare tersebut belum memiliki izin edar BPOM atau bahkan menimbulkan efek yang buruk di kulit, tetap saja dipakai, demi bisa memiliki kulit putih.

Termasuk juga perawatan suntik putih, yang sebenarnya punya risiko jangka panjang yang merugikan penggunanya. 

Bahkan di media sosial, sudah banyak orang-orang yang kompeten dalam bidangnya, memberikan edukasi tentang bahayanya skincare tanpa BPOM. Salah satunya dr. Ika dalam akun TikToknya @dokter_ika. Sering banget tuh konten-konten si dokter yang sangat mengedukasi, lewat di beranda saya.

melanin matters di heddon estate

Banyak pula wanita-wanita yang memberikan testimoni ketika kulitnya akhirnya malah rusak parah karena pemakaian krim abal-abal dalam jangka panjang.

Namun, masih banyak pula, para wanita khususnya yang mengabaikan hal itu.

Padahal, ketika akhirnya mereka merasakan dampak buruk menggunakan skincare tersebut, kulit wajah jadi rusak, ujung-ujungnya bisa jadi depresi sendiri karena rasa insecure melihat keadaan kulitnya yang tragis.

 

Tentang Melanin Hero

Melanin Hero merupakan sebuah komunitas yang pertama mengajak wanita Indonesia agar bisa lebih mencintai warna kulitnya. Apapun warna kulitnya, khususnya untuk yang berkulit sawo matang atau gelap. Untuk tidak perlu merasa insecure dan terbebani oleh standar kecantikan yang salah.

Hal ini disuarakan oleh komunitas Melanin hero, melalui aktivitas edukasi yang menyenangkan dan inspiratif. 

verra oktaviani dan reyne raea
Tinggi amat Mba Verra

Didirikan oleh Verra Oktavianti, bersama dokter edukator perawatan kulit yang selalu konsisten dengan edukasi bahayanya produk kosmetik ilegal, Dr. Ika. Juga beauty enthusiast Farah Fransiska.

Asal mula nama Melanin Hero berasal dari kata Melanin.

apa itu melanin matters

Melanin adalah pigmen yang membentuk warna kulit, terdiri dari Eumelanin dan Pheomelanin. Nah, warna kulit manusia, ditentukan oleh rasio kedua pigmen tersebut. Tentunya selain dari fakrot genetik.

Sementara, eumelanin merupakan pigmen pembentuk warna coklat dan hitam, sedangkan pheomelanin adalah pigmen pembentuk warna merah dan kuning. 

Ketika kulit memiliki rasio eumelanin lebih banyak dibanding pheomelanin, maka kulit kita akan berwarna gelap, dan begitupun sebaliknya. 

Jadi, sebenarnya warna kulit tidak akan bisa diubah.

Sementara itu, melanin sebenarnya sangat berperan penting untuk perlindungan kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Berkat melanin, resiko kita terkena kanker kulit lebih kecil dibanding orang yang berkulit cerah atau pigmennya sedikit.

blogger surabaya di melanin matters

Jadi melanin yang sebenarnya adalah pahlawan, karenanya kita wajib merawatnya. 

Dan karena itulah, komunitas ini dinamakan komunitas Melanin Hero.


Serunya Acara Melanin Matters, Blossoming Body and Soul

Sabtu, 29 Juni 2024 sejak pagi hingga siang tadi, saya berkesempatan datang ke acara Melanin Matters yang diselenggarakan oleh Melanin Hero di Hedon Estate | Kitchen & Lounge Surabaya.

melanin matters surabaya

Saya sampai di lokasi sekitar pukul 08.50an, 10 menit sebelum acara dimulai. Tak lama kemudian, semua undangan berdatangan. Semua pada cantik dan tampan dengan penampilan yang segar oleh outfit tema flower yang dikenakan. 

Acara dibuka oleh MC Olpie Puspitasari, yang memperkenalkan Mba Verra Oktavianti, sebagai salah satu founder dari Melanin Hero. Mba verra pun memperkenalkan apa itu melanin hero dan latar belakang terbentuknya komunitas ini. 

verra oktaviani

Berikutnya, perwakilan dari skincare KymmSkin yang memberikan edukasi tentang kulit sehat. Disusul tampil oleh pembicara Verra Oktavianti, dr. Ika serta dr. Zulvia Oktanida Syarif SpKJ atau biasa disapa dr. Vivi Syarif.

melanin hero di surabaya

Dipandu oleh Olpie sebagai MC, mereka mulai membahas tentang bahaya skincare abal-abal yang memutihkan kulit, suntik putih, hingga masalah wanita yang menjadi depresi lantaran masalah standar kecantikan yang salah. Termasuk depresi ketika kulit wajah semakin rusak.

"Kita harus yakin dan menerima apa yang sudah Tuhan berikan kepada kita, embrace dan rangkul semua itu sebagai satu gift atau anugrah. Dan bagaimana untuk mencukupinya? dengan merawat kulit tersebut sebaik-baiknya, dan percaya diri bahwa semua orang itu unik dan berbeda.", pesan dr. Vivi Syarif.

"Kulit kita di masa mendatang, merupakan hasil dari apa yang kita lakukan saat ini. Jadi, jangan sampai salah ambil langkah, demi mengikuti standar kecantikan yang salah." Pesan dr. Ika

"Kita semua baik-baik saja, selama kita sehat, masalah warna kulit bukanlah sebuah masalah yang harus dibuat insecure. Embrace your melanin, jangan disakitin, tapi dirawat, karena melanin itu hero!." Pesan Mba Verra.

Setelahnya ada perkenalan skincare Dricha yang merupakan pioner of educational produk skincare di Indonesia.

Disusul lagi bincang-bincang dengan Kak Gemala Carissa yang merupakan influencer healthy lifestyle yang mengatakan kekagumannya akan kulit coklat. Juga dengan Suci Chusnul Chotimah seorang make up artist, yang menceritakan bagaimana dandan yang baik untuk wanita berkulit gelap.

melanin hero di surabaya

Serta Imam Mustafa, seorang desainer yang memberikan tips bagaimana memilih outfit bagi yang berkulit gelap.

Di akhir acara, ada penampilan demo make up oleh Mba Suci, serta peragaan busana dari koleksi Imam Mustafa.

bincang melanin matters

koleksi disain imam mustafa

Acara siang tadi seru banget deh, banyak ilmu menarik yang bisa disimak, dan yang paling penting merasa disemangati terus, untuk mau mencintai diri sendiri secara utuh. Termasuk mencintai kulit kita, apapun warnanya. Asal bukan berwarna biru sih, karena itu pasti kena tonjok, atau keturunan Avatar, wakakaka.


Kesimpulan dan Penutup

Merasa insecure dengan standar kecantikan yang salah saat ini? di mana katanya wanita cantik itu yang kulitnya putih, tinggi dan langsing kayak model. Lalu tiba-tiba ingin suntik putih?.

Stop deh, mending simak acara Melanin Matters seperti yang siang tadi diadakan oleh Melanin Hero bersama KimmSkin di Hedon Estate | Kitchen & Lounge Surabaya.

melanin matters surabaya

Di acara ini, kita disemangati untuk bisa mencintai diri seutuhnya termasuk kulit kita, apapun warnanya, khususnya yang coklat.

Komunitas Melanin Hero memberikan pesan yang kuat tentang pentingnya merawat kulit dan menerima diri sendiri apa adanya, serta mengedukasi masyarakat tentang bahaya produk kosmetik ilegal atau abal-abal.

Keterangan lengkap bisa liat di akun IG @melaninhero.id


Surabaya, 29 Juni 2024

Sumber: 

  • Opini dan pengalaman pribadi
  • IG @melaninhero.id
Gambar: Canva dan dokpri

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)