10 Topik Blog yang Paling Banyak Dikunjungi Setiap Waktu

topik blog yang paling banyak dikunjungi

Topik blog yang paling banyak dikunjungi oleh pembaca setiap waktu tentunya dapat membantu blogger untuk mendulang banyak pageviews di blognya.

Di mana, hal ini tentunya menjadi sebuah impian bahkan target dari kebanyakan blogger yang ingin menghasilkan uang dari blognya.

Seiring waktu, persaingan dalam dunia blogger semakin sengit, bukan hanya profesi blogger yang semakin banyak digandrungi orang-orang. Tapi juga setiap blogger bahkan mempunyai lebih dari 1 atau 2 blog yang dikelolanya.

Dengan banyaknya blog di masa kini, tentunya menjadi tantangan untuk para blogger dalam mendistribusikan tulisannya kepada pembaca. Karenanya, dibutuhkan suatu taktik yang tepat untuk memenangkan persaingan tersebut. Salah satunya dengan menerapkan satu topik khusus untuk satu blog.  

Maksudnya gimana tuh?.

Ye kan, dulu mungkin kebanyakan blogger, termasuk saya, selalu menulis tentang apa saja di blog. Sehingga seringnya disebut mengelola blog dengan topik yang beragam atau gado-gado.

Btw, topik blog ini, juga sering disebut dengan kata niche blog, ya.

Kenapa disebut gado-gado?, karena seperti tipe makanan tersebut, di dalamnya ada beragam macam makanan, seperti itulah blog dengan topik gado-gado. Semua topik ada di blog tersebut.

Sekilas lengkap sih, orang mau cari apa saja, ada di blog tersebut, sayangnya saking semua ada, jadinya kayak kurang spesifik dan detail dalam membahas sebuah hal nggak sih?.


Manfaat Membuat Blog Dengan Topik Tertentu

Seiring waktu, algoritma mesin pencarian semakin dibenahi untuk bisa memenuhi kebutuhan pencari info di mesin tersebut.

manfaat blog topik khusus

Salah satunya, para pembaca yang ingin mendapatkan suatu info secara lengkap, jelas dan detail. Dan untuk itulah, algoritma mesin pencarian kemudian memilah blog-blog mana saja yang bisa menampilkan hal yang dicari kebanyakan orang tersebut. Salah satunya, blog dengan topik khusus dan detail.

Karenanya, di masa sekarang banyak blogger yang beramai-ramai membangun blog dengan topik khusus, karena punya manfaat di antaranya:


1. Blog lebih SEO friendly dan ramai pengunjung

Dengan membangun blog satu topik khusus, akan membuat blog jadi lebih SEO friendly. Karena blog dengan satu topik tentunya berisi lebih banyak informasi terkait dengan kata kunci (keyword) yang sama (yang dibidik). 

Selain itu, blog dengan tema khusus tentunya banyak membahas tema tersebut secara lebih detail. Yang dapat menjawab keingin tahuan pembaca secara lengkap.

Tentunya, blog seperti ini dibutuhkan banyak pembaca dan membuat banyak pengunjung datang ke blog tersebut untuk mendapatkan informasi tentang tema yang dibahas.


2. Melatih kedisiplinan blogger

Membangun blog dengan topik khusus akan melatih blogger menjadi lebih disiplin dalam membuat artikel-artikel berkualitas dalam tema yang sama.

Hal ini memang sedikit lebih menantang dari menulis blog dengan tema suka-suka. Yang tentunya butuh kedisiplinan untuk menaklukannya dengan rutin menulis artikel baru dengan tema tersebut.


3. Melatih blogger jadi expert dalam satu topik

Dengan mengelola blog dengan topik khusus, akan melatih blogger untuk jadi lebih expert dalam satu topik tertentu. Karena pembahasannya cuman berpusat di satu topik yang dilakukan secara berulang dan detail. Sehingga lama-kelamaan secara tidak langsung akan membuat blogger jadi lebih ahli atau expert terhadap topik tersebut.


4. Bisa mendapatkan pembaca yang loyal  

Blog yang fokus pada satu topik tertentu akan lebih mudah mendapatkan pembaca yang loyal, karena semua artikelnya memang fokus dan detail. Jadinya pembaca merasa lebih suka dan percaya membaca kebanyakan artikel yang dituliskan di blog tersebut.


5. Lebih mudah menghasilkan uang dari blog

Dan yang paling penting, blog dengan topik khusus, tentunya lebih mudah menghasilkan uang karena punya punya pembaca loyal dan trafik pengunjung yang banyak.

Kedua hal tersebut tentunya sangat dibutuhkan dalam hal digital marketing para klien.


10 Topik Blog yang Paling Banyak Dikunjungi Setiap Waktu

Menarik kan ya, kalau bisa mengelola blog dengan topik khusus. Etapi, yang harus diketahui, tidak semua topik bisa menghasilkan kunjungan pembaca yang banyak loh.

Jika Temans punya target bikin blog yang trafik atau pengunjung blognya banyak setiap waktu, hal pentingnya adalah memilih topik-topik mana saja yang dibutuhkan banyak orang.

Berikut 10 topik blog yang paling banyak dikunjungi pembaca setiap waktu, khususnya di Indonesia, berdasarkan pengamatan saya dalam ngeblog.

topik blog yang paling banyak dikunjungi adalah


1. Topik blog pendidikan

Yup, blog dengan topik pendidikan menduduki posisi paling atas blog yang paling banyak pengunjungnya.

Saya bahkan pernah baca satu blog, masih memakai domain gratisan atau bawaan blogger, tapi trafiknya tuh udah puluhan juta (kalau nggak salah).

Sayangnya saya lupa nama blognya.

Isi artikel di blognya tuh banyak membahas tentang pendidikan, materi pembelajaran murid, bahkan hal-hal penting yang dibutuhkan oleh para guru maupun calon guru.

Beberapa file yang bisa di-download pun ada di blog tersebut, sehingga jelas saja ada begitu banyak guru dan murid di Indonesia yang butuh hal tersebut.

Sejak pandemi kemaren, banyak murid dan guru yang terbiasa dengan materi pembelajaran online, sehingga apa-apa dilakukan secara online.

Meskipun ini juga bisa jadi boomerang tersendiri sih. Karena beberapa orang yang mengelola blog tema pendidikan, isinya ya materi pembelajaran lengkap dengan jawabannya.

Ditambah anak-anak kalau ujian selalu lewat online, ya udah deh anak-anak tinggal googling, dan copas jawabannya, hahaha.


2. Topik blog teknologi

Blog dengan topik teknologi juga banyak dikunjungi pembaca dan berlaku setiap waktu. Blog yang membahas tentang review produk berbau teknologi misalnya, tentunya blog seperti ini banyak dicari orang-orang sebagai referensi ketika hendak membeli produk teknologi.


3. Topik blog bisnis

Blog dengan topik bisnis juga masih menjadi blog yang banyak dicari para pembaca. Tidak melulu membahas tema bisnis yang berat, beberapa tips bisnis atau menghasilkan uang melalui sebuah usaha juga banyak dibutuhkan orang-orang.


4. Topik blog parenting/kesehatan

Berikutnya adalah blog dengan topik parenting yang saya gabungkan dengan kesehatan. Mengapa digabung, karena kebanyakan orang sangat tertarik dengan topik kesehatan anak, ketimbang pengasuhan anak.

Artikel-artikel pengalaman mengasuh bayi sakit, atau mengatasi anak sakit batuk, diary dan lainnya. Mengatasi anak speech delay, GTM atau Gerakan Tutup Mulut alias anak susah makan dan lainnya, selalu ramai dicari orang, khususnya para ibu muda.


5. Topik blog marriage

Artikel-artikel tentang kehidupan berumah tangga, terutama tulisan curhatan rumah tangga, juga sangat disukai banyak orang.

Artikel seperti ini, biasanya dicari orang, yang punya masalah sama, berharap mendapatkan satu insight dari pengalaman orang akan masalah rumah tangganya. Atau sebatas cuman merasa lebih baik karena punya seseorang yang related dengan masalahnya.


6. Topik blog resep masakan

Topik resep masakan juga masih dibutuhkan banyak pembaca, meskipun zaman sekarang sudah banyak resep yang di-share melalui video di medsos. Namun resep melalui tulisan masih saja dibutuhkan banyak orang, karena lebih simple mengikutinya ketimbang video.   

topik blog yang paling banyak dikunjungi yaitu

Pastikan menulis resep masakan dengan detail dan lengkap, agar bisa bersaing dengan banyak aplikasi serta website yang membidik topik ini juga.


7. Topik blog beauty

Sejak pandemi, topik beauty atau kecantikan selalu diminati banyak orang, dan tetap bertahan hingga kini. Berbagai kebutuhan yang dicari para pembaca akan topik ini, mulai dari rekomendasi kosmetik yang dibutuhkan, tips-tips kecantikan dan semacamnya.


8. Topik blog kuliner

Yang namanya kuliner memang tak pernah lekang oleh waktu, dan artikel-artikel dengan topik review kuliner selalu menjadi incaran banyak orang hingga kini.


9. Topik blog travel

Selain kuliner, referensi tempat wisata, tips berwisata beserta biayanya selalu menjadi artikel yang dibutuhkan banyak orang.

Terlebih sejak pasca pandemi, banyak orang yang kembali menggeluti hobi travelingnya, dan ditambah dengan pengaruh media sosial, bikin banyak orang menyukai artikel dengan topik travel ini. 


10. Topik blog drama korea

Last but not least adalah blog dengan topik Korea-Korea an. Entah itu drama Korea, aktor ataupun aktris Korea yang belum juga lekang oleh waktu.


Kesimpulan dan Penutup

Membangun blog dengan topik khusus semakin diminati banyak blogger zaman sekarang, khususnya yang punya target menghasilkan uang dari blognya.

Karena kelebihan blog dengan topik tertentu, yang membuat banyak blogger merasakan manfaatnya, sehingga lebih mudah memonetisasi blognya.

Namun, tidak sembarang topik yang bisa dipilih, khususnya jika ingin blog selalu ramai oleh pengunjung. Kita harus jeli memilih topik blog yang paling banyak dikunjungi pembaca setiap waktu, seperti 10 topik di atas.


Surabaya, 18 Juni 2024

Blogger Surabaya - Reyne Raea

Sumber: opini dan pengalaman 

Gambar: canva edit by Rey

2 komentar :

  1. Kalo suka suka yang pendidikan, parenting, dan jalan-jalan. Makasih berbagi ilmu dan pengalamannya ini ya. Semoga sehat selalu. Salam dari Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parenting paling mudah sih kalau buat saya, karena bisa nulis keseharian bersama anak :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)