7 Cara Menghasilkan Uang Dari Twitter Atau X, Wajib Coba!

cara menghasilkan uang dari twitter

Main twitter atau platform media sosial X bisa menghasilkan uang? emang iya? iya banget!. Saya pribadi, sudah beberapa kali merasakan tranferan masuk ke rekening, dari job yang menggunakan platform aplikasi yang dulunya berlambangkan burung biru ini.

Bahkan di tulisan saya minggu lalu, tentang pengalaman menggunakan medsos untuk menghasilkan uang. Saya tuliskan bahwa Twitter atau X merupakan medsos pertama yang pernah saya jadikan alat bantu untuk jualan produk sendiri.

Selain mendulang cuan dengan menggunakan platform tersebut untuk jualan, mulai tahun 2018, saya kembali membangun akun di Twitter demi kebagian job-job yang ada di sana.

Bahkan di awal saya serius ngeblog, kebanyakan job di sana tuh rate-nya masih sangat menggoda. Terutama job buzzer ya. 

Saya bahkan agak telat, beberapa teman blogger yang sudah lebih duluan serius ngeblog ketimbang saya, bahkan pernah merasakan fee yang lebih besar untuk sekali dua kali nge-tweet.  

Sekarang masih sering sih job tweet ini berseliweran infonya, cuman memang saya udah jarang ikutan, alasannya follower saya nggak naik-naik. Dan saya nggak atau belum sanggup harus fokus ke sana, karena masih harus ngeblog di 4 blog dan urus akun instagram.

Tapi, bagi yang punya waktu dan keinginan, mendulang cuan di Twitter atau X ini, masih memungkinkan loh.


Tentang Platform Media Sosial Twitter atau X

Media sosial X, awalnya dikenal sebagai Twitter. Sebelum akhirnya diubah sejak Juli 2023. X atau twitter adalah media sosial online dan layanan jejaring sosial yang dioperasikan oleh perusahaan dari Amerika Serikat, bernama X Corp., penerus dari Twitter, Inc. 

Media sosial twitter awalnya diciptakan oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams di bulan Maret 2006, yang kemudian diluncurkan di bulan Juli tahun yang sama.

Sebelum dibeli oleh  X Corp., Twitter, Inc., punya basis utama di San Francisco, California. Dan perusahaan ini berkembang hingga memiliki 25 kantor lebih di seluruh dunia.

Hingga tahun 2012, ada sekitar 100 juta lebih pengguna platform ini, yang telah men-tweet sebanyak 340 juta tweet per hari. Bahkan layanan ini menangani sekitar 1,6 miliar permintaan pencarian setiap harinya.

Media sosial ini memang merupakan salah satu dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi penggunanya. Bahkan hingga dikenal sebagai "SMS-nya Internet".

Hingga awal tahun 2019, Twitter sudah mempunyai sekitar 330 juta lebih pengguna aktif bulanan. Dan terus berkembang dari tahun ke tahun.

Sampai akhirnya, di tanggal 27 Oktober 2022, Twitter akhirnya diakusisi oleh Elon Musk senilai US$44 miliar, dan kemudian setelah punya kendali atas platform tersebut, diubah jadi X.

cara menghasilkan uang dari twitter

Tidak heran mengapa twitter atau X selalu menjadi tempat ternyaman sebagian besar masyarakat untuk saling berinteraksi. Karena dibandingkan dengan platform media sosial lainnya, twitter cenderung lebih simple dan tidak bertele-tele.

Di twitter atau X, para pengguna yang terdaftar dapat memposting teks, gambar, dan video. Selain itu, mereka juga bisa berinteraksi dengan memposting, memberikan tanda suka (like), posting ulang, memberi komentar dan mengutip posting (quote posts). Juga bisa mengirim pesan langsung (Direct Message) ke pengguna terdaftar lainnya. 

Karena cara kerja yang simple, platform ini justru sering digunakan oleh banyak hal. Mulai dari campaign marketing produk, jasa, bahkan hingga kampanye politik pun diadakan di platform ini.

Dan karena itu pula, tidak heran twitter atau X masih menjadi media sosial yang paling cepat penyebaran informasinya dibanding lainnya.

Bahkan, jika ingin mengetahui berita apa yang update, kita bisa lebih cepat mengecek keakuratannya di X ketimbang di google yang masih cenderung tidak familier untuk banyak orang, tentang penggunaannya.  


Cara Memaksimalkan Twitter Atau X untuk Menghasilkan Uang

Dengan potensi penyebaran informasi yang jauh lebih cepat, menjadikan platform ini selalu diminati banyak golongan untuk melakukan kampanye apapun.

Baik secara organik, maupun secara berbayar dengan menggunakan buzzer atau 'pendengung pesan'. Dan hal ini tentunya menjadi sebuah peluang cara untuk mendapatkan uang bagi penggunanya.

Namun sebelumnya, kita harus paham dulu, bagaimana cara untuk memaksimalkan akun Twitter atau X agar bisa menghasilkan uang, di antaranya:


1. Membangun follower 

Hampir sama dengan kebanyakan media sosial lainnya, follower juga menjadi kunci utama dalam menghasilkan uang di Twitter.

Untuk itu, penting bagi kita untuk bisa membangun basis pengikut atau follower yang aktif, untuk selalu terlibat pada konten yang kita sugguhkan di platform ini. 

Salah satu caranya adalah, dengan rutin serta konsisten memposting konten yang menarik, relevan, dan bermanfaat untuk follower kita. Selalu ajak mereka terlibat dengan rajin membalas komentar maupun pertanyaan yang diajukannya.


2. Selalu fokus pada pertumbuhan dan keterlibatan pengikut atau follower

Bukan hanya punya follower yang banyak, tapi pastikan agar follower tersebut selalu aktif dan terlibat pada apapun yang kita posting.

Karenanya, penting untuk selalu fokus memberikan konten-konten terbaik dan memancing rasa ingin tahu dan aktif dari para pengikut.

Bisa dengan memberikan konten berkualitas, membahas topik-topik yang sedang viral dan sesuai dengan karakter para follower. Dengan demikian akan banyak yang tertarik untuk selalu aktif berinteraksi di semua konten yang kita berikan.  


7 Cara Menghasilkan Uang Dari Twitter Atau X

Setelah berhasil membangun jumlah follower dan interaksi yang selalu ramai, maka akun kita akan siap untuk mulai menghasilkan uang dari twitter atau X.

cara menghasilkan uang dari twitter

Caranya gimana? 


1. Jadi buzzer atau pendengung pesan

Buzzer? ih nggak banget deh!.

Tenang, buzzer di twitter atau X itu, tidak melulu untuk hal-hal yang negatif kok, misal untuk menjatuhkan brand atau orang kompetitor yang membayar buzzer.

Saya beberapa kali ikut job jadi buzzer, tapi kontennya ya yang positif, untuk menaikan brand awareness untuk dikenal banyak orang melalui Twitter

Misal, turut serta mengetweet dengan menggunakan kata kunci tertentu yang dibidik oleh brand. Hal ini biasanya agar kata kunci tersebut bisa trending di pencarian, dan dibaca oleh banyak orang.

Untuk fee dari buzzer ini beragam, tergantung follower dan banyaknya tweet yang diberikan sebagai kewajiban buzzer.

Mulai dari puluhan ribu, hingga ratusan ribu untuk sekali job buzzer. Dan info untuk job ini biasanya ada di grup-grup pencari kerja, baik di media sosial maupun WAG atau semacamnya.

 

2. Sponsored content

Sebenarnya, sponsored content ini masuk kategori buzzer juga, karena seringnya target marketing brand juga harus trending, agar banyak yang melihat atau membaca keyword yang diangkat sebagai target trending

Namun, yang membedakannya, biasanya untuk job seperti ini, ada syarat minimal follower yang lebih besar dari sekadar buzzer.

Karena salah satu syaratnya adalah, akun yang punya pengaruh besar lewat tweet-nya. Jadi akun-akun ini akan mengetweet sesuatu konten yang sangat soft selling. Sengaja memancing follower-nya untuk mau terlibat dan berinteraksi secara tidak sadar telah mengangkat tema tersebut untuk trending.

Agar hasilnya maksimal, biasanya sponsored content ini dibantu oleh buzzer berbayar dari akun dengan follower kecil untuk memancing keterlibatan follower yang lebih besar.

Untuk fee sponsored content ini biasanya lebih besar ketimbang sekadar buzzer. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan sekali tweet. Tergantung seberapa banyak follower dan seberapa besar pengaruh akun tersebut untuk follower-nya.

Dan untuk job seperti ini, biasanya dibagikan di grup-grup pencari kerja, atau jika syaratnya harus akun selebtweet, maka penawaran job biasanya lewat DM atau kontak langsung kepada akun yang dicarinya.


3. Menjalankan Affiliate Marketing

Affiliate marketing melalui twitter atau X paling booming akhir-akhir ini di aplikasi tersebut, bahkan saking booming-nya, kadang merusak ke-estetik-an platform tersebut.

Affilate marketing merupakan salah satu usaha untuk mendapatkan klik maupun pembelian dari produk affiliasi di berbagai platform e-commerce yang ada.

Paling sering sih, affiliasi shopee.

Bagi yang sering main Twitter atau X tentunya sering melihat konten, yang dibuat secara utas oleh sebuah akun. Biasanya, utas tersebut dimulai dengan memberikan sebuah gambar dengan hook menarik.

Setelah itu, di bagian dalam utas dimulai dengan cerita yang bikin penasaran banyak orang, lalu diselingi dengan membagikan beberapa produk yang dijual di Shopee, lengkap dengan link affiliasinya.

Dengan gambar atau video yang menarik, cara seperti ini sangat ampuh untuk mendapatkan klik yang banyak pada link affiliasi kita.


4. Jual produk atau merchandise

Cara paling umum untuk mendapatkan uang dari Twitter adalah dengan menjual produk atau merchandise pribadi kita. Cara ini yang dulu pernah saya lakukan ketika menjual produk sendiri berupa frozen brownies.

Menjual produk memang selalu efektif bila dilakukan melalui media sosial, khususnya twitter. Apalagi jika kita menggunakan akun yang telah memiliki tempat dan trust di hati para followers-nya.

Selain menjadikan follower sebagai target market, kita juga bisa menggunakan taktik branding dengan numpang di kata yang trending. Atau ikut nimbrung di interaksi percakapan yang sedang ramai.

Untuk cara terakhir tersebut, paling sering saya gunakan ketika jualan dahulu.

Oh ya, tips penting untuk bisa menggunakan twitter untuk menghasilkan uang dengan menjual produk. Pastikan untuk menggunakan strategi soft selling, karena karakter kebanyakan pengguna twitter sangat sensitif terhadap akun yang berjualan secara terang-terangan.


5. Jadi ghostwriter

Bagi yang punya keahlian menulis, terutama yang jago copy writing, maka bisa menghasilkan uang dari twitter dengan menjadi ghost writer

Job ini dilakukan dengan membuat konten atau tweet yang bisa mendatangkan enganging untuk akun klien. 

Mulai dari bikin tulisan untuk tweet yang menarik, mengedit konten yang akan ditayangkan, hingga mengubah postingan dari blog jadi materi yang menarik untuk dijadikan tweet.

Kunci utama job ini adalah keahlian kita dalam menulis copy writing dengan gaya yang sesuai karakter akun klien. Sehingga tweet yang ditulis tidak terbaca aneh oleh pengikut akun tersebut.

Karenanya, kepiawaian menilai karakter seseorang melalui akun twitternya juga dibutuhkan dalam job ini.


6. Jasa admin akun twitter

Banyak akun di twitter, khususnya akun dari brand-brand atau bahkan para publik figur yang tidak punya cukup waktu untuk mengelola akunnya.

Hal ini bisa menjadi peluang untuk kita menawarkan jasa menjadi admin akun tersebut.

Untuk job ini, dibutuhkan kemampuan kita dalam mengelola akun twitter dengan baik. Bukan hanya untuk menge-post sebuah tweet secara konsisten, tapi juga memastikan akun bisa berkembang dengan baik, melayani interaksi follower di akun tersebut, seperti menjawab komentar pertanyaa, menjawab DM dan sebagainya.  


7. Mengikuti Lomba atau Giveaway

Cara menghasilkan uang dari twitter berikutnya adalah yang paling mudah dilakukan, biasanya tanpa syarat follower atau semacamnya, yaitu mengikuti lomba atau giveaway yang diadakan akun lain.

Dengan berpartisipasi dalam event giveaway tersebut, kita bisa berpeluang memenangkan hadiah yang ditawarkan. Mulai dari hadiah uang tunai, maupun produk atau benda lain yang menarik.


Kesimpulan dan Penutup

Twitter atau X bisa menjadi sumber penghasilan dengan beberapa cara. Saya sendiri sudah merasakannya, terutama melalui job buzzer sejak 2018. Meski sekarang jarang saya ikuti, peluang masih terbuka bagi yang mau fokus.

Twitter, sekarang dikenal sebagai X sejak diakuisisi oleh Elon Musk pada 2022, adalah platform media sosial yang sangat efektif untuk interaksi cepat dan kampanye. Dan hal ini bisa jadi cara menghasilkan uang asalkan kita harus:

  • Membangun Follower , dengan konsisten posting konten menarik dan relevan, selalu mengajak pengikut terlibat dengan membalas komentar dan pertanyaan hingga fokus pada Pertumbuhan dan Keterlibatan Follower
  • Memberikan konten berkualitas yang sesuai dengan karakter follower, seperti membahas topik-topik viral untuk menarik interaksi.

Dan setidaknya ada 7 cara menghasilkan uang dari Twitter, di antaranya:

  • Buzzer, yaitu meningkatkan brand awareness dengan mengetweet kata kunci tertentu. Fee bervariasi, biasanya ditawarkan di grup-grup kerja.
  • Sponsored Content, biasanya memerlukan follower lebih besar dari buzzer. Dan akun dengan pengaruh besar mengetweet konten soft selling. Biasanya fee lebih tinggi, penawaran lewat DM atau kontak langsung.
  • Affiliate Marketing, yaitu mendapatkan klik atau pembelian dari produk afiliasi, dengan cara membuat utas menarik dengan link afiliasi.
  • Menjual Produk atau Merchandise, dengan menggunakan strategi soft selling.
  • Menjadi ghostwritermembuat konten tweet untuk akun klien, dengan keahlian menulis copywriting. 
  • Jasa Admin Akun Twitter, yaitu mengelola akun brand atau publik figur, dengan menjawab komentar, DM, dan memastikan perkembangan akun.
  • Mengikuti Lomba atau Giveaway, di mana berpeluang memenangkan hadiah uang tunai atau produk menarik.

Demikianlah 7 cara menghasilkan uang dari twitter atau X.


Surabaya, 24-07-2024

Blogger Surabaya - Reyne Raea

Sumber: 

  • Opini dan pengalaman pribadi
  • https://id.wikipedia.org/wiki/X_(media_sosial) diakses 24-07-2024
  • https://www.firstmedia.com/article/5-tips-menghasilkan-uang-dari-twitter diakses 24-07-2024
  • https://accesstrade.co.id/blogs/social-media/cara-mendapatkan-uang-dari-twitter-tanpa-modal diakses 24-07-2024

Gambar: Canva edit by Rey

15 komentar :

  1. Aku yang sampe sekarang belum tamat make twitter sampe namanya berubah jadi X. Saking jarangnya, kadangkala mau buka aplikasinya nyari2 logo burung, sampe lupa kalau namanya dan logonya udah berubah.
    Yoook ayoook seriusin lagi deh medsosnya biar bisa dpt cuan, nih, hehe

    BalasHapus
  2. Aku yang sampe sekarang belum tamat make twitter sampe namanya berubah jadi X. Saking jarangnya, kadangkala mau buka aplikasinya nyari2 logo burung, sampe lupa kalau namanya dan logonya udah berubah.
    Yoook ayoook seriusin lagi deh medsosnya biar bisa dpt cuan, nih, hehe

    BalasHapus
  3. Aku lagi belajar nie biar twitter ku semakin berkembang haha..secara selama ini uma buat scroll2 aja..pengen juga bisa menghasilkan cuan lewat si X 😊

    BalasHapus
  4. Kalau saya lebih suka namanya twitter dengan logo burung. Kalau X, malah warnanya mirip-mirip sosmed lain. Dan saya sudah merasakan dapat uang bakso dari X. Tapi baru dari buzzer dan menang kuis. Salah satunya menang kuis kompas klasika 2 kali. Hadiahnya ransel + T-shirt, lalu ransel + tumbler. Tumblernya masih saya pakai sampai sekarang.

    BalasHapus
  5. Iya sih. Kita juga bisa menghasilkan cuan dari twitter. Cuma memang sedikit rumit sih. Karena agak susah menambah follower di sana. Tapi, kalau kita mau fokus bukan nggak mungkin sih. Hehehe..

    Thank you informasinya, Kak.

    BalasHapus
  6. Daku pikir ghost writer cuma untuk membuat artikel seperti novel atau karya tulis lainnya. Ternyata untuk di platform twitter pun juga ada job seperti ini. Peluang deh buat memanfaatkannya

    BalasHapus
  7. Sekarang banyak affiliate marketing di X, ya. Caranya dengan mengulas sesuatu yang berpotensi viral. Tapi, lama-lama agak ngeselin. Kalau kata netizen, penasaran sama beritanya tapi malah harus lewat banyak pasar hehehe. Saya lebih suka affiliate marketing yang bercerita tentang produknya.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah saya pun beberapa kali suka ikut ngejob lewat x ini, setuju banget dengan mengelola akun sosmed kita bisa mendatangkan cuan ya mbak.

    BalasHapus
  9. Punya akun twitter yg sekarang ganti nama X sejak jaman kuliah, alhamdulillah meski sudah sangat tidak aktif ngetweet di sana, akun X masih aktif dan tidak lupa pasword. Memang betul ada beberapa job yg juga melibatkan akun X. Meski aku blm pernah ikut yg fokus job X aja. Lain kali boleh di coba deh.

    BalasHapus
  10. Tahunan punya akun di Twitter, baru setahun belakangan aktif setelah berubah jadi X. Sekarang lumayan aktif di X tapi masih terbatas sebagai sharing tulisan di blog, mengikuti isu politik, dan hal remeh-temeh lainnya. Belum begitu ngeh kalau bisa jadi ladang menghasilkan uang. Ntar dicoba ah trik-trik di atas. Khususnya soft selling untuk perhiasan saya. Makasih untuk rinciannya Mbak Rey. Dan eehh saya juga lagi ngos-ngosan nih buat nambah followers.

    BalasHapus
  11. Saammma dengan mbak Annie. Twitter/X ku isinya sharing artikel blog. Pernah ikut sebagai buzzer, info dari agensi gitu. Tapi waktu itu aku kurang cocok euy, karena harus trending topic dan ada target harus minimal nge-twit sekian kali gitu. Plus...fee kurang sesuai juga sih...hehe

    BalasHapus
  12. dari 7 cara, saya baru nyobain nomor 1 dan nomor 2
    Penasaran pingin coba ghost writer, kayanya menarik ya?
    Melatih kemampuan menulis dapat fee ^^

    BalasHapus
  13. Banyak juga ya ternyata peluang cuan di twitter, aku udah lama gak nengokin akun ini, malah suami yang rajin cari informasi di sana. Tapi pernah liat sih trik para affiliate shopee menebar link-nya di antara berita-berita heboh sampe jutaan yang liat

    BalasHapus
  14. wah twitter ini bisa dibuat sharring-sharring simple tentang blog yang bisa juga menghasilkan cuan yang menggoda ya kak

    BalasHapus
  15. Banyak juga peluang di twitter .. saya kira buzzer aja🤣 tapi emang naikin follower susah banget mentok 500 aja gk kena saya sampai skrg pdhal udh 10 tahun pakai Twitter. Mungkn krn tidk se aktif kayak ig ya

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)