Review Masjid Bayt Al Haq Pakuwon City Mall Surabaya

bayt al haq pakuwon city mall

Bayt Al Haq merupakan salah satu masjid yang disediakan oleh Pakuwon City Mall Surabaya. Senangnya, sekarang tuh ya, kebanyakan mall-mall megah di Surabaya, khususnya kepunyaan Pakuwon, sudah menyediakan ruangan besar untuk beribadah umat muslim di dalam mall.

Biasanya kan masjid eh bahkan bukan masjid sih, tapi disiapkan mushala, yang mana ruangannya lebih kecil, dan letaknya di parkiran yang panas dan kadang nggak bersih.

Salut banget sih sama inovasi pakuwon grup yang sangat menyadari, bahwa konsumen mereka tuh nggak cuman non muslim aja, bahkan yang paling banyak keknya muslim kan. Dan muslim sangat butuh masjid di dalam mall, yang nyaman.

Terlihat dari beberapa mall besar milik Pakuwon di Surabaya, dari Pakuwon City Mall yang biasa disebut PCM, ada masjidnya bernama Bayt Al Haq.

Di Pakuwon Mall ada masjid yang sangat luas dan lengkap bernama Al-Ittihad, serta di Tunjungan Plaza ada 2 masjid premium yang disediakan. Ada Masjid Attawwabun di TP 2 dan ada mushala premium di pintu masuk parkiran TP 6 Al Ijabah. Selain itu, masih ada juga beberapa mushala di titik-titik tertentu yang ada di TP, intinya kalau muslim main ke TP, atau ke mall milik Pakuwon, nggak ada lagi tuh yang namanya alasan nggak bisa shalat.

   

Cerita Numpang Shalat di Masjid Bayt Al Haq Pakuwon City Mall Surabaya

Karena saat ini kami tinggal tidak jauh dari PCM atau Pakuwon City Mall, eh aslinya jauh juga sih, kalau jalan kaki ya legrek juga betis, wakakaka. Kami jadi sering main ke PCM.

Apalagi, mall ini bisa dibilang lebih sepi dan nyaman, cocok lah buat kami yang ngemall cuman buat ngadem dan cuci mata, sekalian numpang cari track-nya hotwheel yang gratis buat si Adik mainan, hahaha.

review bayt al haq pakuwon city mall

Setiap kali ke sana, kami pasti mampir di Masjid Bayt Al Haq yang ada di lantai 2 PCM 2 atau yang baru. Tapi biasanya emang saya nggak ikut masuk, karena bertepatan dengan waktu libur shalat.

Nah, beberapa waktu lalu, kebetulah saya dan anak-anak kembali ke sana dari acara Funwalk. Alasannya pengen liat dunia Disney yang kita liat di medsos kok asyik banget dan gratis kalau hanya foto-foto.

Sayangnya kami salah, tempatnya cuman buka pas malam aja, jadinya kami cuman numpang shalat aja di PCM terus pulang, hahaha.

Karena saya juga waktunya shalat, meski nggak bawa mukenah karena nggak direncanakan mampir situ, tetap aja saya masuk.

Ketika masuk, seorang Mbak-Mbak di loby (anggap aja loby, hahaha), langsung mengarahkan saya ke sebuah lorong untuk masuk ke tempat khusus wanita.

bayt al haq pakuwon city mall

Saya nanya deh, apakah disediakan mukena, eh ternyata ada dong, auto happy saya.

Langsung deh saya pisah dengan anak-anak, mereka menuju lorong yang khusus laki-laki untuk wudhu dan shalat, sementara saya berjalan ke arah sebaliknya untuk ke tempat perempuan.


Review Masjid Bayt Al Haq Pakuwon City Mall Surabaya

Masjid Bayt Al Haq ini terletak di Pakuwon City Mall 2 atau yang baru di lantai 2. Kalau yang ke PCM naik motor, parkirannya tuh langsung berhadapan dengan PCM 2 tersebut.

Tapi kalau yang naik bus, biasanya turun di halte depan PCM lama, jadi harus masuk dari PCM lama, lurus ke belakang sampai nemu lift atau eskalator, dan naik deh sampai lantai 2 atau paling atas.

Masuk ke dalam ruangan masjid, untuk laki-laki bisa langsung menuju lorong sebelah kiri, sementara untuk perempuan di lorong depan meja di lobynya.

Setelah belokan lorong khusus perempuan, nantinya bakal ketemu laci-laci buat simpan alas kaki, ada kursinya juga untuk memudahkan kita duduk melepas alas kaki. 

review bayt al haq pakuwon city mall

Kelar lepas alas kaki, lalu masuk dan belok kiri, nantinya ada kaca dan di depannya ada tempat wudhu. Waktu itu pas banget abis adzan Dhuhur, jadi hanya sedikit orang yang di situ. Saya bisa dengan mudah melepas jilbab karena emang tempatnya tertutup, nggak ada celah buat laki-laki bisa ngintip di situ.

review bayt al haq pakuwon city mall

Tempat wudhunya sendiri nggak terlalu luas, tapi bersih dan rapi, dindingnya dari granit berwarna hitam, sementara lantainya putih kecoklatan. Sekilas terlihat licin, tapi nyatanya enggak sih, karena ada mbak-mbak yang rajin banget keringin lantai yang basah kena tampias air orang wudhu.

review bayt al haq pakuwon city mall

Kelar wudhu, saya pun melangkah masuk ke ruangan buat shalat, ternyata ruangan buat shalat perempuan lumayan luas, cuman emang nggak ada karpet atau sajadahnya. Mungkin biar lebih aman dan bersih dari virus kali ya. 

review bayt al haq pakuwon city mall

Di sudut kanan pintu, ada 2 kursi buat ibu-ibu yang punya masalah dan hanya bisa shalat sambil duduk di kursi, ada pula laci dari kayu berukuran sedang yang berisi beberapa Al-Quran dan beberapa pasang mukena yang disusun dengan rapi. 

Saya lalu mengambil satu pasang untuk dipakai, dan Alhamdulillah mukenanya terlihat bersih dan wangi. Segera saya pakai dan menuju barisan beberapa ibu-ibu yang ada di bagian depan untuk bersiap shalat.

Kami shalat berjamaah, dan awalnya agak khawatir nggak bisa mendengar suara imam di ruangan laki-laki di sebelah, tapi syukurlah masih bisa terdengar.

review bayt al haq pakuwon city mall

Ruangan laki dan perempuan dibatasi dinding putih. Sementara bagian yang berhubungan dengan luar diberi dengan gorden kain yang tinggi menjuntai dari langit-langit ke lantai berwarna coklat tua. Kata si Kakak, ruangan laki juga sama kayak ruangan perempuan.

Ruangannya sendiri berlantaikan magnit putih dengan aksen abu-abu gelap sebagai pembatas shaf. Dindingnya di cat putih bersih, dan plafonnya di disain semacam open ceiling atau konsep yang sebagian terbuka memperlihatkan dack beton bagian atap. 

Di tengah ruangan ada kolom besar yang dilapisi granit hitam bagian bawah dan bagian atas dilapisi semacam parkit coklat, cmiiw.

Over all, masjid Bayt Al Haq ini (saya menyebutnya masjid karena ruangannya besar dan fasilitasnya terbilang lengkap) sangat lengkap dan nyaman untuk tempat shalat.

Meskipun nggak seluas masjid di Pakuwon Mall, tapi dari segi letaknya di dalam mall yang nyaman, kebersihannya, keheningan di dalam masjid, kenyamanannya, juara deh.

Thanks deh buat Pakuwon Group yang memperhatikan hal-hal penting untuk umat muslim di dalam mall-nya.    


Kesimpulan dan Penutup

Masjid Bayt Al Haq yang terletak di Pakuwon City Mall (PCM) Surabaya merupakan salah satu fasilitas ibadah umat muslim yang disediakan oleh Pakuwon Group. Keberadaan masjid ini menandai inovasi positif dari Pakuwon Group yang menyadari kebutuhan konsumen muslim akan tempat ibadah yang nyaman di dalam mall.

Berbeda dengan mushala yang umumnya kecil dan terletak di area parkir yang panas dan kadang tidak bersih, Masjid Bayt Al Haq menawarkan ruangan besar dan nyaman untuk beribadah. Lokasinya berada di lantai 2 PCM 2, sehingga mudah diakses oleh pengunjung mall.

Masjid ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap, seperti tempat wudhu yang bersih, ruangan shalat yang cukup luas untuk laki-laki dan perempuan, serta adanya mukena yang disediakan untuk jamaah perempuan. Kebersihan dan kenyamanan di masjid ini juga sangat terjaga, sehingga memberikan pengalaman beribadah yang tenang dan khusyuk bagi para pengunjung.

Ada yang pernah shalat di Masjid Bayt Al Haq Pakuwon City Mall Surabaya ini nggak?. 


Surabaya, 20-07-2024

Blogger Surabaya - Reyne Raea

Sumber: pengalaman pribadi

Gambar: Canva dan dokpri

1 komentar :

  1. Naah baguuus nih. Area mesjidnya di perhatiin banget. Bukan cuma under basement kayak beberapa mall besar di sini 🤣🤣. Aku jd salut ama developer pakuwon, kalo mallnya dilengkapi dengan tempat ibadah yg proper.

    Kdg yaa kalo musholla atau prayer roomnya di basement, panas, gelap, yg ada jadi males kesana. Mending cari mall lain aku.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)