Menulis di Blog Setiap Hari, Ngaruh di Traffic Blog Nggak Sih?

menulis di blog setiap hari ngaruh di traffic blog

"Mbak Rey, PV blogmu ramai ya karena nulis setiap hari di blog?"

Sebuah pertanyaan yang sebenarnya bunyinya gini,

"Rey, berapa PV blogmu?"

Wkwkwkwkw. 

Dilontarkan oleh beberapa teman, yang melihat saya aktif menulis di blog setiap harinya. 

Ah, teman-teman kayaknya lupa, saya menulis di blog setiap hari bukan hanya karena ingin agar traffic blog jadi ramai, tapi emang saya suka menulis, makanya saya jadi blogger, *uhuy.

Meskipun, gegara pertanyaan tersebut, saya jadi kepikiran lagi tentang pageview blog yang belakangan ini memang turun bin anjlok. 


Cerita Traffic Blog yang Turun

Di postingan blog 2 minggu lalu, saya sudah sedikit menceritakan bagaimana traffic blog ini turun dengan lumayan drastis. Temans bisa baca di postingan 'Traffic Blog Turun dan Belajar dari Maxmanroe'.

Blog saya, khususnya yang reyneraea.com ini, memang mengalami penurunan traffic sejak setahunan bahkan hampir 2 tahunan belakangan ini.

apakah menulis di blog setiap hari ngaruh di traffic blog

Meskipun Alhamdulillah masih bisa dipertahankan di angka yang masih mencukupi lah sebagai syarat PV minimum beberapa job blogger.

Sedih sih sebenarnya, mengingat blog ini sebenarnya berisi 1670an blogpost, dan mostly tulisan saya sendiri. Tidak pakai AI AI an (btw AI itu dipakai orang China buat manggil tante, ya?), etdah si Rey! hahahaha.

Dengan tulisan di atas 1000an artikel, tapi mau mencapai traffic 1000an per hari itu, seringnya ngos-ngosan juga, hahaha.

Padahal dulu, setiap hari di atas angka tersebut.

Beberapa temans menyarankan ikut blog walking, udah sih tapi sejujurnya nggak terlalu ngaruh deh. Apalagi blog walking khusus menaikan PV, nggak tahu kenapa kok, kadang hasil PV yang ada nggak sesuai dengan list, *eh.

Maunya sih cuek aja ya, tapi kadang kalau ada syarat job minta minimum PV tuh, terus PV kita nggak cukup, rasanya kok ngenes juga ya.

Padahal kan, saya juga BU *eh, hahaha.

Meski demikian, saya nggak diam aja sih ya, segala hal saya coba lakukan, agar traffic blog kembali merangkak naik.

Tapi ya masih ngos-ngosan juga sih.

Saya juga setuju dengan pernyataan beberapa teman blogger, di mana salah satu penyebabnya karena era blog sudah makin meredup kali ya. Kebanyakan orang-orang, lebih memilih platform media sosial untuk mencari segala sesuatu yang dibutuhkan.

Berbeda dengan saya, yang tetap percaya sama google dalam mencari jawaban apa yang dibutuhkan, ketimbang percaya konten di medsos.

Apalagi, saya memang tipe yang nggak sabaran menunggu orang selesai bicara yang kadang bertele-tele. Lebih suka baca tulisan, kalau ada yang nggak menarik, tinggal di skip, lompat ke bagian yang menarik, hehehe.


Usaha-Usaha yang Pernah Saya Lakukan untuk Menaikan Traffic Blog

Untuk menaikan kembal traffic blog, langkah awal yang harus kita lakukan adalah, mencari tahu apa sih penyebab traffic blog kita turun?. Temans bisa baca di postingan saya Selasa 2 minggu lalu, di mana saya tuliskan bahwa setidaknya ada 3 penyebab traffic blog (khususnya saya ya) anjlok.

Mulai dari algoritma google yang selalu berubah menyesuaikan kebutuhan pengguna mesin pencarian, pun juga mungkin karena tulisan di blog ini, sudah tidak memenuhi kebutuhan pembaca. Hingga adanya persaingan blog yang semakin sengit.

usaha untuk menaikan traffic blog

Namun, bukan Rey namanya, kalau cepat menyerah. Setidaknya ada beragam usaha yang saya lakukan agar traffic blog kembali, di antaranya:


1. Menulis dengan kaidah SEO

Yup, meski belum secanggih para mastah SEO, tapi sejak beberapa tahun belakangan ini, sebenarnya saya mulai menerapkan menulis sesuai kaidah yang Google Friendly *halah.

Setiap kali menulis, meskipun setiap hari, pasti ada tahapannya, mulai dari riset keyword dulu, riset tema selain opini dan pengalaman diri, belajar menulis dengan keyword yang sesuai.

Intinya, semua penerapan SEO on page dan SEO off page selalu saya lakukan.

Kenyataannya, ya sebagian ada yang bisa bersaing, sebagian lainnya ambyar dilindas blog atau website lain, hahaha.

Tapi, bukan berarti saya menyerah sih, toh saya tetap menulis di blog nggak peduli apapun yang terjadi.


2. Rajin share link postingan blog

Ini masuk dalam poin SEO off page, di mana sebisa mungkin saya selalu ingat untuk share link postingan blog setelah selesai mem-publish tulisan baru.

Ini sepele sih, tapi percayalah, justru ini yang paling sering terlewatkan. Padahal manfaatnya juga banyak loh. Selain bisa mendulang kunjungan pembaca ke blog kita, juga bisa jadi sebagai branding.

Di mana, ketika orang belum sempat menge-klik dan masuk ke blog kita. Tapi setidaknya mereka tahu kalau kita sering nulis di blog/.


3. Mengerucutkan niche blog

Pernah juga terjadi, karena traffic nggak pernah bisa naik, akhirnya saya mengikuti ilmu yang sering dibagikan beberapa blogger senior. Di antaranya disarankan membangun blog dengan niche khusus atau dengan menggunakan Topical Autorithy Blog.

Karena hal ini lah, maka mulailah terbentuk beberapa blog lainnya, mulai dari Parenting Blog Rey untuk memisahkan tema parenting, pendidikan, keluarga dan kesehatan.

Lalu ada pula blog Beauty By Rey untuk memisahkan tulisan dengan tema kecantikan dan fashion di blog khusus. Bahkan terakhir kali, saya nekat bikin blog lain lagi bertema khusus curhat.

Kenyataannya, hal ini juga nggak bikin traffic blog ini naik seperti semula, malahan ujung-ujungnya saya bingung. Terus, blog ini buat ditulisin tema apa? hahaha.

Akhirnya saya putuskan dikembalikan seperti semula, meskipun sebagian tema tetap dipindahkan di blog lain.


4. Memperbaiki performa blog

Sama dengan yang dilakukan beberapa blog, saya juga ikut memperbaiki performa blog, agar bisa lebih ringan dan nyaman diakses pembaca.

Meskipun repot, karena semua saya lakukan secara otodidak, tapi Alhamdulillah beberapa masalah bisa diselesaikan dengan mengikuti petunjuk yang dibagikan di beberapa blog.

Mulai dari mengecek kesehatan blog dengan berbagai aplikasi atau website gratisan, seperti Meta SEO Inspector, ahrefs dan masih banyak lagi.


5. Menulis di blog sesering mungkin

Langkah terakhir yang saya lakukan sebagai usaha untuk menaikan pageview blog adalah sesuatu yang paling mudah dilakukan oleh blogger, khususnya saya, yaitu menulis di blog setiap hari.

Memang sih, nggak bisa menulis di satu blog secara konsisten setiap hari. Secara, blog saya ada 4. Kalau nekat hanya mengisi 1 blog saja, entar blog lain jadi kosong melompong penuh sarang laba-laba saking nggak keurus.

Jadi saya siasati dengan menulis bergantian di ke-4 blog, dan jika memungkinkan saya bisa menulis di blog ini setiap harinya.   


Menulis di Blog Setiap Hari, Ngaruh di Traffic Blog Nggak Sih?

Lalu, gimana sih hasilnya ketika saya rutin menulis di blog setiap harinya? apakah traffic blog jadi naik seperti dulu?. Apakah PV harian blog saya jadi makin banyak?.

Hmmm.... jawaban yang sulit, meski sebenarnya tinggal liat dashboard blog dan laporan Google Analytic 4

Tapi saya jawab aja dengan sederhana kali ya, hahaha.

Kalau ngomongin PV blog apakah naik, kayaknya juga nggak naik-naik amat ya. FYI, hingga saat ini saya masih sering kesulitan mendapatkan traffic 1000an per hari. Kadang bisa, tapi lebih banyak nggak bisanya.

Kadang lebih banyak, tapi pas di-cek, ya elah itu hanyalah serangan PV bot nggak jelas, yang bikin performa blog saya makin buruk dah, huhuhu.

Tapi, nggak bisa dipungkiri, beberapa tulisan baru saya di blog ini, juga lumayan menyumbang traffic pembaca ke blog ini, meskipun nggak terlalu fantastis juga banyaknya.

Minimal ada tambahan lah ya, nggak pasif sama sekali.

Jadi kalau ditanya, apakah menulis di blog setiap hari itu berpengaruh ke traffic blog? menurut pengalaman saya ya ngaruh-ngaruh aja. Sehingga meskipun trffic blog ini belum bisa kembali seperti dulu, tapi setidaknya kan bisa mempertahankan page view yang ada, biar nggak makin anjlok banget, iya nggak?.  


Kesimpulan dan Penutup

Menulis di blog setiap hari memang dapat membantu meningkatkan traffic blog, meskipun hasilnya tidak selalu signifikan. 

Dengan menikmati hobi menulis dan berbagai upaya SEO dilakukan, traffic blog bisa saja tetap menurun karena berbagai faktor seperti perubahan algoritma Google dan preferensi pembaca yang beralih ke media sosial. 

Namun, konsistensi dalam menulis setiap hari dapat membantu mempertahankan page view blog yang ada dan mencegah penurunan traffic yang lebih drastis.


Surabaya, 23-07-2024

Blogger Surabaya - Reyne Raea

Sumber: Opini dan pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey

5 komentar :

  1. Yang pasti nulis tiap hari membantu bikin isi kepala jadi lebih ringan & berkomunikasi dengan tulisan jadi lebih mahir.

    Apalagi kalau tulisannya menarik-menarik temanya kaya isi blog ini.

    BalasHapus
  2. aku sendiri kurang nyaman blogger nulis kesimpulan/penutup tapi sebagai pembaca aku larinya langsung ke sana haha... btw, aku lagi stag nulis, banyak nonton konten aja sekarang huhu...

    BalasHapus
  3. Seharusnya memang ngaruh yaaa, apalagi kalo pembaca tetapnya udh ada. Aku tuh kalo liat pageview temen2 bloggers Malaysia suka takjub juag, krn tinggi2, tapi memang mereka menulis stiap hari, bahkan 1 hari aja bisa 4-5 tulisan.

    Cumaaa style menulis mereka oendek2, ga kayak blogger Indonesia yg memang lbh serius 😄.

    Jadi yg baca juga lebih ramai dan cepet. Cuma tetep sih aku ga bisa nulis dengan cara begitu Rey.

    Lagian tema tulisan nya aja beda. Mereka cendrung curhat atau daily life, sementara aku kan pengalaman travel dan kuliner, yg mana aku suka menulis detail.

    Bagi yg suka baca tulisan pendek, pasti lbh ramailah baca tulisan dengan style pendek begitu.

    Tapi ya udahlah, aku anggap aja rezeki masing2 orang 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi karena tulisannya pendek, Mba.
      Kan yang dihitung klik page.
      Jadi, selesai baca yang 1 artikel, pindah ke artikel lain, kan harus klik lagi, jadi PVnya banyak

      Hapus
  4. dulu aku bisa dibilang cuek sama PV, tapi setelah kerjasama melalui blog, ya diusahakan buat memperbaiki trafic blog, kayaknya sekarang memang agak susah naik, bener kata mba rey
    aku udah cobain dulu buat nulis tiap hari atau beberapa hari sekali, praktekin SEO juga, sebagian memang ada hasilnya, dan lagi lagi konsisten kuncinya ya

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)