Soto Ayam Kampung Pak Djayus Surabaya, Legend Sejak 1982

soto ayam kampung pak djayus

Soto ayam kampung Pak Djayus yang berlokasi di dekat terminal Bratang ini sudah sering kami lewatin, dan belum ada niat untuk mampir cobain lagi.

Dulunya udah pernah sih saya dan teman kos ke sini, udah lama banget waktu belum nikah. Dan seingat saya dulu tempatnya lumayan sumpek, tapi sotonya lumayan enak.  

Sampai kapan hari, saya liat postingan di salah satu akun instagram yang me-review soto ini. Tiba-tiba kepikiran untuk nyobain lagi.

Pas banget, hari Kamis kemarin si Adik kan ikut psikotest masuk SD, si Kakak juga ikut. Pas pulang, biasalah muka-mukanya si Kakak, minta makan di luar.

Kebetulan juga saya sakit kepala, entah karena lapar, jadinya kelilinglah kami dari Manyar, sampai ke Ngagel. Nggak ada yang murmer dan menarik, dan memang masih agak pagian juga sih, jadinya belum banyak yang buka.

Karena malas terlalu lama di jalan, kami putuskan makan soto ayam Cak Har yang dekat tempat tinggal kami, yang versi lebih terjangkaunya. Pas udah nyampe di Ubaya Ngagel, tiba-tiba saya teringat dengan soto ayam kampung Pak Djayus ini.

review soto ayam kampung pak djayus

Nanya si Kakak, dia mah sangat semangat kalau diajak makan yang baru, maka kami putuskan mampir di pak Djayus yang ada dekat Bratang itu.


Lokasi dan Ambience Soto Ayam Kampung Pak Djayus

Soto ayam kampung Pak Djayus terletak di jalan Raya Manyar nomor. 81, nggak jauh dari terminal Bratang. Sudah sejak lama berada di sini, kalau nggak salah, dulu sekitar tahun 2007an saya dan teman-teman kos makan di sini.

Emang soto ini tergolong terkenal sih di Surabaya, kalau liat di beberapa keterangannya, bahkan udah ada sejak tahun 1982.

soto ayam kampung pak djayus

Dulunya sih sumpek banget, parkirannya kecil, di dalam juga gerah, tapi sotonya lumayan enak sih, terutama ayamnya.

Pas kemaren nyampe di sana, parkirnya sih masih tetap sumpek karena kecil, cuman menggunakan trotoar dan badan jalan.

Untungnya karena masih terbilang pagi, jadinya belum banyak pengunjung. Saya bisa parkir dengan mudah di trotoar. Apalagi trotoarnya udah rapi, nggak kayak dulu yang banyak rusaknya.

lokasi soto ayam kampung pak djayus

Setelah parkir kamipun masuk, dan senang banget liat ambience tempatnya yang tetap kecil kayak dulu, tapi jauh lebih nyaman serta bersih. Yang paling terlihat itu bersih dan rapinya, plafonnya sudah ditinggikan, dan ada banyak kipas gantung di bagian atas. Praktis bikin suasananya terasa nyaman dan nggak gerah.

Dari parkiran yang lebih rapi dan bersih, di dalamnya juga bersih, dan mungkin juga karena hanya sedikit pengunjung ya. Otomatis mood jadi lebih baik dan nggak sabar untuk menikmati sotonya.

review soto ayam kampung pak djayus

Kami memilih tempat duduk dekat pintu, lalu bertanya kepada mas-mas yang datang membawa kertas untuk menulis menu pesanan, apakah mereka menerima pembayaran Qris?. Syukurnya sih iya.

Saya dan si Kakak lalu memesan nasi soto ayam kampung, tapi si Adik memesan nasi goreng Jawa. Oh ya, selain menjual soto, di sini juga menjual menu lain, seperti nasi goreng, mie godog Jawa, asem-asem iga, sop buntut, rawon iga hingga ayam dan bebek goreng kampung.

review soto ayam kampung pak djayus

Karena saya memang pengen cobain sotonya, jadinya pesan soto, eh si Adik milih beda sendiri, ya udahlah.

Untuk minumnya, kami pesan 2 macam aja, es degan dan jeruk hangat.


Rasa Soto Ayam Kampung Pak Djayus

Tak lama menunggu, datanglah minumannya terlebih dahulu. Saya lalu mencicipi keduanya, emang enak sih, jeruknya manis, es degannya juga segar.

minuman di soto ayam kampung pak djayus

Lalu menyusul 2 porsi soto ayam kampung pesanan saya dan si Kakak disuguhkan. Si Kakak tidak sabaran untuk segera menyantapnya, segera diambilnya koya dan sambal untuk dicampur ke atas sotonya.

Sementara saya, terpaksa menunggu karena si Adik udah mulai terlihat krenki lantaran pesanannya masih dimasakin, hehehe.

Agar nggak tantrum saya suruh deh makan soto punya mami dulu, dan siapa sangka, ternyata dia suka dong, hahaha.

Beruntung nggak lama kemudian, nasi goreng Jawa pesanan si Adik datang.

Soto ayam kampung pak Djayus disajikan layaknya soto ayam biasanya, kita bisa minta dipisah, tapi harganya beda. Karena udah biasa makan soto, kami pesan yang campur aja.

rasa soto ayam kampung pak djayus

Porsinya sedang, nggak sebanyak porsi soto ayam Lamongan Cak Har. Hanya saja, toping ayam di soto ayam kampung Pak Djayus ini lebih enak dan banyak.

Untuk kuahnya, sorry to say, saya kurang suka, karena manis, hahaha.

Mungkin kalau orang Jawa asli atau yang familier makanan manis pasti suka, karena enak sih, tapi manisnya itu loh, merusak rasa. Ayamnya terasa sedikit keras, mungkin karena ayam kampung asli ya. 

Meski demikian, anak-anak suka, si Adik bahkan menghabiskan hampir setengah porsi pesanan maminya, hadeh.

Biar adil, saya juga ikut ngincip pesanan si Adik, dan suprisingly, oooo eeemmmm jiiii....! nasi gorengnya enaaaakkkk!.

menu di soto ayam kampung pak djayus

Ini tipe nasi goreng kesukaan saya banget, nasinya kepyar dan kering, minyaknya nggak banyak, meskipun ada campuran mie, layaknya nasi goreng Jawa, tapi suer ini enak banget buat saya.

Rasanya sederhana, karena saya pesan nggak boleh ada pedas sama sekali, karena si Adik nggak suka pedas kan, saya mengira-ngira aja, apa yang dimasukin si penjualnya ke bumbunya.

Karena suer, rasanya tuh nggak ada pedas sama sekali, even pedas lada atau merica pun, nggak kerasa. Tapi serius enak banget.

Porsinya sih sedang, nggak banyak-banyak amat. Sekilas bahkan terkesan mahal, tapi buat saya, karena emang rasanya enak, wajarlah harganya segitu.

Sayangnya, si Adik nggak lama makan soto, setelah agak dingin dia mulai eneg. Soalnya kan emang rasanya manis, mana cepat dingin pulak tuh soto.

Over all, sekarang saya nggak mau makan soto ayam kampung Pak Djayus lagi, tapi mau aja sih balik ke sana, buat pesan nasi gorengnya, hahaha.


Harga Soto Ayam Kampung Pak Djayus

Untuk harga makanan yang ada di soto ayam kampung pak Djayus Manyar, yaitu:

  • Nasi soto telur rebus : Rp. 18.000,-
  • Nasi soto ayam biasa : Rp. 25.000,-
  • Nasi soto ayam pisah : Rp. 26.000,-
  • Nasi soto ayam jerohan : Rp. 32.000,-
  • Nasi soto ayam berutu : Rp. 32.000,-
  • Nasi soto ayam telur muda : Rp. 33.000,-
  • Nasi goreng Jawa : Rp. 25.000,-
  • Mie godog Jawa : Rp. 25.000,-
  • Asem-asem iga : Rp. 38.000,-
  • Sop buntut : Rp. 60.000,-
  •  Rawon iga : Rp. 38.000,-
  • Ayam goreng kampung : Rp. 25.000,-
  • Bebek goreng : Rp. 25.000,-
  • Nasi putih : Rp. 5.000,-
  • Lontong : Rp. 5.000,-
  • Aneka minuman panas dan dingin :  Rp 4.000 - Rp 15.000

harga soto ayam kampung pak djayus

harga soto ayam kampung pak djayus

Btw jangan lupa, semua harga tersebut belum termasuk pajak 10% ya. Jadi harga soto ayam kampung dan nasi goreng nya Rp. 26,500 per porsi, hehehe. 


Review Soto Ayam Kampung Pak Djayus Ala Rey

Setelah kembali mencicipi soto ayam kampung pak Djayus ini, menurut saya sotonya biasa sih. Tapi ini kembali ke selera personal ya. As you know, saya paling nggak suka makanan yang manis. Gudeg yang paling enak sedunia pun, buat saya nggak enak, karena manis, hahaha.

harga soto ayam kampung pak djayus

Nah, kalau udah punya pengalaman tentang nggak cocok akan rasanya, jadinya penilaian lainnya, jadi ikutan nggak cocok ya, hahaha. Buat saya, sotonya tergolong mahal sih, dengan harga segitu, tapi porsinya sedang, bahkan para lelaki nggak kenyang keknya makan di situ, hehehe.

Tapi, kalau secara logika sih, sebenarnya harganya wajar-wajar saja, karena toping ayam kampungnya lumayan banyak lah, dan ayamnya emang enak.

Sementara nasi gorengnya, karena emang saya suka banget, biar kata porsinya tergolong sedikit, tapi wajarlah, emang enak. Dan ini memang suprisingly banget sih buat saya.

As you know, saya kurang suka nasi goreng versi Jowo, karena ada campuran mie-nya dan kecambah. Makanya saya kaget banget, kok nasi goreng Jawa, tapi rasanya sederhana, nggak aneh-aneh kebanyakan ini itu, pas banget semuanya.

Kalau Temans, ada yang udah pernah cobain Soto Ayam Kampung Pak Djayus ini?. Suka nggak?  


Soto Ayam Kampung Pak Djayus Surabaya

Store 1 : Jl. Raya Manyar No.81, Sukolilo, Surabaya
Store 2 : Kalijudan Mulia No.23B, Mulyorejo, Surabaya

Rating Ala Rey :   4 : 5


 


Surabaya, 06 Juli 2024

Blogger Surabaya - Reyne Raea

Referensi: Pengalaman pribadi 

Gambar: canva dan dokpri

12 komentar :

  1. Saya juag lebih suka citarasa gurih. Tapi, masih bisa ditolerir lah kalau sambalnya pedes banget. Kan, ada tuh sambal yang udah dikasih banyak juga tetap berasa kurang pedes.

    BalasHapus
  2. Aku suka sih makanan yang manis, tapi ya bukan soto. Untuk soto aku tetap suka yang gurih. Btw, sedih campur miris baca bagian "pengunjung memarkirkan kendaraan di trotoar dan bahu jalan" karena di sana ada hak pejalan kaki yang dirampas.

    BalasHapus
  3. Saya lebih suka soto yang rasanya gurih sih. Bukannya manis. Tapi seriusan, Kak. Rasa sotonya manis.

    Tapi iya sih. Kalau main ke Surabaya, aku selalu makannya soto Lamongan yang nggak kerasa manis sih.

    Tapi sekali lagi. Siapa tahu seleraku sama kakak beda kan ya. Hehehe

    BalasHapus
  4. soto sama minumannya menggoda banget tuh

    BalasHapus
  5. Rasanya manis? Walah jenis masakan yang gak aku suka
    Termasuk mie bakso, bubur dll yang sering pakai kecap manis, saya gak suka
    Padahal saya Jawa asli dan almarhum emak selalu masak manis
    Mungkin kalo ke sini saya ikut pesanan adik: nasi goreng Jawa! :D

    BalasHapus
  6. Wah kalau kuahnya manis jadi kurang gereget menurut daku, soalnya kalo kuah enaknya itu gurih bukan manis, karena daku kan udah manis hehe.

    Terbilang ciamik lah ya kulinerannya. Apalagi ada nasi goreng yang selalu uni dan puya khas masing² resto

    BalasHapus
  7. Sering ke Surabaya ternyata saya belum pernah mampir ke sini. Ya, karena saya jarang lewat daerah Manyar hehe. Soto ayam kalo pakai ayam kampung emang rasanya lebih mantep ya.. Next bisa nih nyobain k sini.

    BalasHapus
  8. Beneerr..
    Rang Jawa suka manis. Aku malah kebablasaaan.. suka maniiss banget. Eh bukan untuk makanan gurih siih.. maksudnya, akutu kalo minum atau makan kue, asa manisnya kudu sampe yang ngiiinggg... Yang semua orang bilang "manis bangeeett", buatku tuh satisfying.

    Soto Ayam Pak Djayus ini boljug yaah..
    Lokasinya nyaman di Raya Manyar. Ramee beuutt deh saerah situ tuuh..

    BalasHapus
  9. Saya suka banget sama soto tapi blm pernah denger yg ini. Pengen banget deh nyobain

    BalasHapus
  10. Soto ayam kampung itu memang jadi lebih gurih dan seger kalau pakai ayam kampung ketimbang ayam negeri ya kak ..jadi pengen ngerasain juga sotonya pak Djayus harganya juga gak mahal..pas banget nih kalau dimakan pas musim hujan kayak gini

    BalasHapus
  11. Aku termasuk pecinta soto ayam nih apalagi kalau ayam kampung bakal tambah sedap kuahnya. Kalau hujan makin enak makan soto. Dilanggananku bukanya sore, kalau ke Surabaya, maulah mampir ke sini.

    BalasHapus
  12. Aku hrs coba dulu sih baru bisa bilang suka atau ga. Krn waktu itu ada kuliner yg manis, bahkan pas diksh sambel pun, manisnya tetep kuat, Naah itu aku ga doyan. Tapi kalo manis, cuma ketika dikasih sambel bisa jadi balance, aku sukaaa Rey.

    Di surabaya ada beberapa kuliner yg udah aku catet bakal dicoba pas kesana nanti 😄. Semoga aja bisa sesuai selera semua 😁

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)