Wanita Harus Punya Value Bagi Ibu Rumah Tangga Ala Rey

wanita harus punya value

"Wanita harus punya value!, ini masalah kebanyakan wanita di Indonesia itu, maksudnya kayak saya. Kehilangan suami tiba-tiba, itu berat banget. Tapi bayangkan kalau saya hanya bergantung sama suami, pasti akan lebih berat lagi"

Percakapan BCL dengan seseorang lewat di beranda medsos saya ketika sedang iseng scroll.  

Seketika hati tersentak, terlebih mendengarkan lanjutan obrolan mereka,

"Banyak wanita yang mengabaikan hal ini, mereka bergantung sepenuhnya di pasangan. Alhasil ketika pasangannya pergi, mereka harus segera mencari dan terus mencari seseorang untuk menjadi tempat bergantungnya"

Kira-kira demikian percakapan BCL, yang bikin saya merasa berpikir,

"Iya juga ya! makanya, ketika ada wanita yang berpisah dari pasangannya, hal pertama yang mereka lakukan adalah merawat diri biar cepat dapat gantinya".

Banyak dari wanita, yang bahkan mengabaikan traumanya, terpaksa mengesampingkan rasa kecewanya, demi bisa fokus mencari ganti pasangannya.

Tumben gitu ya, saya berpikir kayak gini, mungkin karena cara BCL menceritakan tuh lebih masuk akal. Dia ngambil contoh nyata di dirinya sendiri, bukan kayak kebanyakan orang-orang yang cuman berseru.

"Wanita harus berdaya, jangan bergantung di pasangan, karena pasangan kalau enggak diambil Tuhan, ya diambil pelakor!"

Kalau kayak gitu kan, jangankan mau terketuk ya hati kita, yang ada kesal bacanya, hahaha.


Apa itu Wanita yang Punya Value dan Manfaatnya

Wanita yang punya value, biasanya disebut dengan wanita high value adalah wanita yang punya berdaya dan mandiri, punya kebebasan menjadi dirinya sendiri serta punya nilai lebih menjadi seorang wanita.

manfaat wanita harus punya value

Menurut saya, wanita yang punya value itu, tidak melulu merupakan wanita yang punya penghasilan sendiri. Tapi juga wanita-wanita yang punya prinsip yang kuat, dan berani mempertahankannya tanpa takut terikat dari lainnya. Karena wanita seperti ini, selalu punya pemikiran yang matang dalam memutuskan sesuatu.

Adapun manfaat menjadi wanita yang punya value adalah:

  • Mampu menciptakan hubungan yang sehat, karena dengan sikapnya yang lebih dewasa dan bijak, mampu mengimbangi pasangannya dengan baik.
  • Mendorong rasa percaya diri, karena sadar akan kemampuan dan potensi dirinya.
  • Meningkatkan kesejahteraan, karena dengan sikap dan kemampuannya, mampu ikut serta dalam menaikan taraf hidup keluarga.
  • Mendapatkan rasa hormat, wanita yang punya nilai lebih, tentunya akan selalu dihormati siapapun, termasuk pasangan dan keluarga.

Wanita Harus Punya Value Bagi Ibu Rumah Tangga, Begini Caranya Ala Rey

Lalu, gimana sih cara menjadi wanita yang punya value itu? apalagi jika kita menjadi seorang ibu rumah tangga. Yang waktunya bahkan nyaris nggak cukup untuk dirinya sendiri karena mengurus keluarga. 

Menurut saya, hal ini bisa dimulai dari hal-hal sederhana yang tentunya bisa dilakukan dengan mudah oleh semua orang, hanya saja banyak yang mengabaikannya, di antaranya:


1. Ber-attitude baik

Wanita yang punya value seharusnya mampu menempatkan dirinya di manapun dengan attitude yang baik.

Tidak perlu yang neko-neko, cukup dimulai dengan selalu memastikan agar sikap dan tingkah lakunya, tidak merugikan orang lain.


2. Disiplin

Menjadi ibu rumah tangga tentunya punya tanggung jawab lebih dibandingkan dengan wanita single. Ada kewajiban lain selain mengurus dirinya, yaitu keluarganya.

Karenanya, menjadi disiplin itu penting, agar bisa membagi waktu untuk meningkatkan nilai diri selain mengurus keluarga.

Disiplin dan bijak dalam memperlakukan waktu dengan baik, sehingga waktunya tak habis hanya untuk dirinya saja, atau untuk keluarganya saja.  


3. Manajemen waktu

Kunci menjadi wanita yang punya value bagi seorang ibu rumah tangga adalah manajemen waktu. Udah deh, tanpa bisa mengatur waktu dibarengi disiplin, nggak akan mungkin bisa mewujudkan hal-hal bernilai bagi diri sendiri.

cara menjadi wanita punya value

Menjadi ibu rumah tangga, tentunya punya kewajiban lebih dibandingkan seorang wanita yang single. Ada keluarga yang harus diurus. Mulai dari mengurus anak-anak, mempersiapkan kebutuhan mereka, mengurus rumah, memasak dan lainnya.

Kadang, bahkan bisa diselesaikan dengan cepat pun, biasanya sudah sulit untuk mengambil waktu melakukan hal-hal yang lebih untuk dirinya. Karena udah kehabisan energi.

Karenanya, mengatur waktu itu penting banget. Tulislah jadwal harian diri dan keluarga, dan disiplinlah mengikuti jadwal tersebut, agar waktu 24 jam yang kita miliki, bisa mencukupi semuanya.

Bisa menyelesaikan kewajiban sebagai istri dan ibu, pun juga masih punya waktu untuk menjadi diri sendiri seutuhnya.


4. Menjaga kesehatan diri  

Adalah sulit menjadi wanita yang punya value, jika kesehatan kita terganggu. Baik kesehatan fisik maupun mental.

Karenanya, menjaga kesehatan diri itu penting. Sempatkan diri berolahraga ringan minimal 3 atau 4 hari seminggu. Penuhi dan cukupi waktu tidur, hingga jaga kebersihan diri dan makanan yang dikonsumsi.

  

5. Punyai tujuan hidup

Pernah dengar istilah orang Jepang yaitu Ikigai?. Ikigai adalah istilah yang menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan. 

Secara harfiah, Ikigai terdiri dari 'iki', yang artinya kehidupan, dan 'gai', yang artinya nilai. Sehingga Ikigai seringnya diekspresikan sebagai bentuk "alasan untuk bangun di pagi hari".

Tujuan hidup ini penting banget, untuk selalu menyemangati manusia dalam menjalani hidup. Apalagi jika diartikan sebagai alasan untuk bangun di pagi hari. Kebayang kan bagaimana kita semangat bangun di pagi hari, karena tahu ada yang harus dicapai hari itu.

Ketika kita sebagai wanita punya tujuan hidup, dan selalu memegang tujuan hidup tersebut. Tentunya kita bisa menjadi wanita yang selalu bersemangat dengan positif dalam menjalani hidup.


6. Tenang dalam menghadapi apapun

Wanita adalah sumber kehidupan, dan ketika sumbernya tenang, tentunya ketenangan itu akan memancar ke semua kehidupan di sekitarnya, termasuk keluarganya.

Karenanya, wanita yang punya value tentunya harus bisa bersikap tenang dalam menghadapi masalah apapun dalam hidup.

Bahagia secukupnya ketika sedang berada di zona keberuntungan, dan mengeluh serta bersedih secukupnya ketika sedang berada di zona bawah kehidupan.


Kesimpulan dan Penutup

Pentingnya wanita memiliki nilai atau value dalam hidup kita, terutama dalam konteks hubungan dan kemandirian. Seperti dari percakapan BCL di media sosial yang menekankan bahwa banyak wanita di Indonesia bergantung sepenuhnya pada pasangan mereka. Sehingga ketika pasangan pergi, mereka sering merasa kehilangan dan terpaksa mencari pengganti secepat mungkin, mengabaikan trauma dan kekecewaan.

Wanita yang memiliki value adalah mereka yang berdaya dan mandiri, memiliki prinsip kuat. Serta mampu menciptakan hubungan yang sehat, percaya diri, meningkatkan kesejahteraan, dan mendapatkan rasa hormat. 

Untuk ibu rumah tangga, menjadi wanita yang punya value dapat dimulai dari hal-hal sederhana seperti ber-attitude baik, disiplin, manajemen waktu, menjaga kesehatan diri, memiliki tujuan hidup, dan tetap tenang dalam menghadapi masalah.

Intinya, wanita harus punya value, bukan hanya untuk keberdayaan diri tetapi juga untuk kesejahteraan keluarga dan hubungan serta kehidupan yang lebih baik.

How about you, Temans?


Surabaya, 14-07-2024

Blogger Surabaya - Reyne Raea

Sumber: opini dan pengalaman pribadi

Gamba: canva edit by Rey 

1 komentar :

  1. nah ini nih yang sering aku baca dan denger, wanita kudu punya value. Ini juga yang pengen aku terapkan ke diri aku sendiri. Ga melulu keluar sama circle yang itu-itu aja misalnya, sesekali gabung sama teme-temen komunitas lain biar wawasannya nambah.
    Nambah skill juga perlu menurutku, lagi berproses aja ini

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)