Manfaat dan Tips Menentukan Niche Blog untuk Pemula Ala Rey

manfaat dan tips menentukan niche blog

Di postingan tentang 7 langkah awal memulai jadi mom blogger berpenghasilan, saya jelaskan bahwa salah satu langkahnya adalah menentukan niche atau tema blog.

Kali ini saya ingin membahas tentang manfaat dan tipsnya sekaligus menjawab pertanyaan beberapa teman-teman yang ingin memulai jadi mom blogger juga.

"Mbak Rey, apa itu niche blog?"

"Gimana sih cara bikin blog yang temanya khusus?"

Btw, kali ini saya akan menulis sesuai pengalaman dan pengetahuan saya selama beberapa tahun jadi blogger ya.


Apa itu Niche Blog

Niche blog disebut juga tema blog, yaitu blog yang dibangun dengan fokus membahas 1 tema tertentu secara spesifik.

apa itu niche blog

Misal, membangun teman blog kecantikan, maka isi artikel dalam blog tersebut hanyalah seputar kecantikan semata. 

Jadi, ketika pembaca mengunjungi blog tersebut, mereka bisa betah berlama-lama membaca artikel di sana, karena ada banyak tema kecantikan yang mereka butuhkan ada di blog tersebut.

Contoh nyatanya lagi, ketika saya butuh artikel tentang blog atau SEO misalnya, lalu saya googling dan menemukan salah satu artikel dari blog DailySEO yang menarik untuk dibaca.

Saya pastinya bakalan klik artikel tersebut kan, lalu masuklah saya ke blog tersebut, ternyata di dalam ada beberapa artikel lain yang juga tentang SEO dan menarik serta saya butuhkan. Tentunya saya akan mengeklik artikel lain tersebut, membacanya sampai tuntas, bahkan bisa jadi meneruskannya untuk membaca artikel lainnya.

Nah, semua kegiatan saya yang berlama-lama di blog tersebut, dan mengeklik serta membaca banyak artikel, akan dicatat mesin pencarian sebagai hal yang positif, sehingga meningkatkan performa SEO blog. 

Pengunjung blog puas karena mendapatkan banyak materi yang dibutuhkan, sementara blognya juga semakin baik penilaiannya di mata mesin pencarian.

Begitu kira-kira maksud dan tujuan apa itu niche blog.

 

Manfaat Membangun Blog Dengan Niche Khusus

Ketika blogger membangun blog dengan niche khusus, maka akan merasakan beberapa manfaatnya di antaranya :

manfaat niche blog


1. Melatih blogger untuk lebih fokus

Membangun blog dengan niche khusus secara tidak langsung akan melatih blogger untuk fokus hanya ke satu tema semata.

Ini bisa menjadi sebuah kelebihan sekaligus kekurangan sih kalau menurut saya. Maksudnya gini, ketika hanya memikirkan 1 tema saja, kita bisa dengan mudah mencari bahan tulisan, karena udah tahu mau bahas tema yang 'ini', misalnya.

Jadi, blogger cukup mencari ide dari tema tersebut dengan menggunakan beberapa cara, misal cari di medsos ataupun lainnya.

Tapi juga bisa jadi kekurangan jika merasa semua hal sudah ditulis, dan ide jadi lebih sempit.

 

2. Melatih blogger menjadi expert dalam satu tema atau niche

Karena blogger selalu fokus membahas satu tema semata, lama-lama hal ini akan melatih blogger jadi lebih expert atau ahli dalam hal tersebut.

Hal ini akan membuat kepercayaan pembaca menjadi lebih tinggi dan meluas jadi sebuah branding dari blogger. Misal, kita membahas tentang niche kecantikan, maka branding kita bisa disebut sebagai beauty blogger.


3. Meningkatkan CTR iklan

Blog dengan niche khusus biasanya lebih banyak dikunjungi pembaca. Dan ketika pengunjung blog datang, lalu melihat iklan yang ada relevan dengan isi artikel, maka kemungkinan pengunjung mengeklik iklan tersebut akan semakin besar. Dan tentunya akan membuat penghasilkan ads blog bertambah.  


4. Mempersempit persaingan blogger

Dewasa ini belum terlalu banyak blogger yang memilih membangun blog dengan tema khusus, sehingga hal ini bisa menguntungkan kita dalam persaingan blogger.

Persaingan ini bisa meliputi bersaing di page one google, hingga persaingan mendapatkan kerja sama blogger yang menghasilkan uang.


Tips Menentukan Niche Blog untuk Pemula Ala Rey

Lalu bagaimana sih tips atau cara menentukan niche blog yang tepat bagi seorang blogger?, kalau dari pengalaman saya, bisa seperti ini:

tips menentukan niche blog


1. Pilih niche yang sesuai dengan minat, hobi atau sesuai dengan bidang yang kita kuasai

Poin penting yang pertama adalah pilihlah niche blog yang sesuai dengan minat dan hobi kita, atau bidang yang kita kuasai.

Ini sangat penting untuk menjaga semangat konsistensi kita menuliskan artikel di blog tersebut.

Pengalaman saya, sebagus apapun niche yang kita pilih, kalau kita nggak terlalu suka atau pahami, jadinya malas banget nulisnya.

Contoh, blog saya yang beauty, biar kata peluangnya lumayan besar untuk mendapatkan job, tapi entah mengapa saya malas banget menulis tema kecantikan akhir-akhir ini. Karena memang bukan hobi saya banget.


2. Jika memilih niche personal cobalah mengerucutkan temanya

Saya sering mengatakan atau menuliskan di berbagai postingan di blog ini, bahwa akan lebih mudah bagi seorang blogger, khususnya mom blogger untuk memilih tema personal. 

Selain tema yang akan ditulis lebih mudah, lebih unik, pun juga bisa jadi sebuah personal branding bagi blogger.  

Akan tetapi, lebih baik untuk lebih mengerucutkan tema yang dipilih. Misal, saya ingin menuliskan personal tapi sebagai mom blogger, maka tema blog saya adalah Reyne Raea sebagai mom blogger.

Isi blognya tentu saja seputar pengalaman saya dalam membangun blog sekaligus menjadi ibu. Jadi keyword utamanya Reyne Raea Mom Blogger, dan bahasannya nggak jauh-jauh dari keyword tersebut.


3. Sesuaikan nama domain dengan niche yang dipilih

Tips lainnya yang juga tak kalah penting, agar blog yang dibangun lebih bagus performanya adalah, menyesuaikan niche dengan nama domainnya.

Misal memilih tema beauty, akan lebih baik kalau ada unsur beauty di domainnya. Hal ini akan semakin mencerminkan tema blog lebih mendalam dan mudah diingat.


Kesimpulan dan Penutup

Menentukan niche blog yang spesifik memiliki banyak manfaat bagi seorang blogger. Di antaranya meningkatkan fokus, membangun keahlian dalam satu bidang, memperbesar peluang klik pada iklan (CTR), dan mempersempit persaingan di dunia blogging. 

Dengan niche yang tepat, seorang blogger dapat menjadi ahli di bidang yang dipilih dan membangun branding yang kuat. Hal ini juga akan membuat blog lebih menarik bagi pengunjung, yang akhirnya dapat meningkatkan peringkat SEO dan menghasilkan lebih banyak penghasilan dari iklan.

Beberapa tips dalam menentukan niche blog adalah memilih tema yang sesuai dengan minat, hobi, atau keahlian, mempersempit tema agar lebih fokus, dan menyesuaikan nama domain dengan niche yang dipilih. 

Dengan mengikuti tips ini, diharapkan para mom blogger maupun blogger lainnya dapat lebih mudah menemukan arah dan tujuan blog mereka, sehingga lebih konsisten dalam menulis dan membangun blog yang sukses.

Membangun blog dengan niche yang jelas tidak hanya memudahkan dalam membuat konten, tetapi juga membantu membangun audiens yang setia dan meningkatkan kredibilitas blog di mata pengunjung dan mesin pencarian. Dengan begitu, perjalanan menjadi seorang blogger berpenghasilan pun akan menjadi lebih terarah dan efektif. 


Surabaya, 27-08-2024

Sharing By Rey - Reyne Raea

Sumber: opini dan pengalaman pribadi

Gambar: canva edit by Rey

2 komentar :

  1. Makasih mbak Rey, kayaknya aku mau pakai niche personal yang khusus ibu kantoran

    BalasHapus
  2. 1-1 nya penyesalanku karena milih nama dcatqueen sebagai nama domain 🤣🤣🤣. Ga ada hubungan ama travelling dan kuliner. Sbnrnya nama ini dulu dipakai krn memang aku penyuka kucing, dan ini nama chatku zaman masih ada Yahoo dkk. Makanya kepake pas bikin blog traveling. Cuma dulu kan milihnya yg penting mudah diinget 🤣. Tapi ya sudahlah, setidaknya aku bisa konsisten dlm hal isi. 😄.

    Nulis pake niche memang lbh mudah, apalagi kalo sesuai dengan passion kan. Nulisnya lancar dan lebih mengalir.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)