Rok Terlilit Rantai Motor dan Jatah Keberuntungan Terpakai Satu

 rok terlilit rantai motor
Siang tadi saya mengalami sebuah kejadian yang mendebarkan, rok saya terlilit rantai motor. Iya, kejadian yang biasanya hanya saya baca di berita, atau liat di komentar orang di medsos, terjadi pada saya.

Dan ketika saya ingin menceritakan kejadian tadi siang, saya kan iseng coba browsing dulu tuh dengan keyword 'rok kelilit rantai motor'. Dan tiba-tiba saya semakin bersyukur banyak-banyak berterima kasih ke Allah, karena ternyata, saya adalah satu di antara jutaan korban yang mengalami hal demikian, tapi nggak kenapa-kenapa.

Iya, Alhamdulillah, saya cuman shock, bingung, malu, sampai lupa nangis. Ternyata nangisnya ketunda sampai ketemu teman-teman yang dikenal, baru deh nangis, hiks.

Sementara kalau baca di website berita, kebanyakan yang mengalami hal begini berakibat sangat fatal, kecelakaan yang sampai terpental, sampai ada yang meninggal, hiks.


Ceritanya gini.

Jadi, tadi siang kan saya ada event #KEBIntimate di ARTOTEL TS Suites Surabaya. Itu tuh, hotel yang dulunya cuman bernama TS Suites, yang berdempetan dengan Sutos.

Saya tahunya pas kemaren sore kalau diajak ikutan event blogger tersebut. Masalahnya adalah, si Adik tuh harus masuk ikut kegiatan ekstrakurikuler lukis pas pagi di sekolah. Dan sorenya juga kudu balik ke sekolah buat ekskul Pagar Nusa.

Jadi saya bagi tugas sama si kakak yang kebetulan kalau Sabtu dia libur, lantaran belum ada kegiatan ekskul.

Paginya saya antar si Adik di sekolah naik motor, setelah itu saya pulang untuk siapin makanan, lalu mandi dan bersiap.

Si kakak juga bersiap, karena saya bakal anter dia ke sekolah si Adik, jadi ceritanya nanti mereka pulang berdua naik Grabcar aja.

Nah abis mandi, saya bingung cari outfit apa yang harus dipakai, masalahnya sejak minum vitamin yang dikasih dokter karena saya radang tenggorokan parah, yang ada saya kerjaannya lapaaaarrr mulu. Jadi ya makan mulu, dan endut! BB saya bertambah, jadi pakaian jadi ketat banget.

Setelah pilah pilih pakaian, akhirnya saya putuskan pakai rok yang ada rumbai atau ruffle-nya yang memang meskipun sedikit ketat, tapi ruffle-nya menutupi lekukan tubuh.

Segera saya bersiap dan setelah selesai kamipun berangkat. Lalu setelah di parkiran, saya baru ternganga, lah kan saya harus pakai motor, kenapa pulak saya pakai rok yang rempongnya pakai ruffle yang super panjang ini?.

Mau naik taksi online, selain boros juga rugi di waktu, saya nggak mau telat datang di sebuah event, karena menurut saya itu bukan saya banget.

Rasanya mau balik ke dalam untuk ganti, kok ya keburu telat, apalagi kan saya kudu ke sekolah si Adik. Saya harus memastikan untuk kasih sounding ke anak-anak, agar mereka nggak berantem.

Jadinya saya putuskan, ya udahlah ya, dicoba dulu. Ternyata meski sedikit sempit, tapi bisa lah saya naik motor, rok yang terbang-terbang dibantu pegangin sama kakak yang saya bonceng.

Alhamdulillah, perjalanan kami sampai di sekolah si Adik lancar dan selamat. Dan menunggu sejenak sampai si Adik selesai ikut ekstra, aslinya nggak selesai sih, tapi saya bujuk agar dikerjakan di rumah aja.

Setelah sounding ulang kepada anak-anak, menjelaskan mereka harus ngapain sampai rumah, membolehkan buka laptop, nyalain TV dan boleh main game di HP, akhirnya mereka pulang berdua naik Grab, sementara saya langsung memacu motor menuju ke daerah jalan Kutai, dari Manyar Sambongan.

Pas motor jalan, terasa banget nggak nyamannya, rok saya yang memang panjang banget, jatuh-jatuh mulu ketika saya tarik ke atas.

Pas saya ikat, lah kok jadi naik ke atas semua ditiup angin, jadilah saya semacam pakai leging dengan  atasan rok mini, ckckckck.

Akhirnya saya putuskan untuk diturunkan dikit, sambil was-was takut roknya nyangkut atau gimana. Kala itu pukul 10.00, tapi angin yang bertiup sungguh kencang, sukses bikin rok saya berkibar-kibar, kesal banget rasanya, pengen pulang ganti bawahan, tapi kok takut telat.

Dan akhirnya, apa yang saya takutkan terjadi.

Ketika baru saja melewati lampu lalu lintas di pertigaan Ngagel Jaya dan Ngagel Jaya Selatan, tiba-tiba saya merasa motor nggak bisa bergerak..

Untungnya, ketika itu angin bertiup kencang, jadi saya nggak ngebut, dan ketika motor terasa sulit gerak, otomatis saya berhenti, enggak tambah digas.

Bersamaan dengan itu, saya merasa rok kayak ditarik sesuatu, refleks saya noleh, dan iyesssss, rok saya udah masuk di rantai motor, huwaaaaa....

Bingung, berusaha narik, tapi nggak bisa, takut juga karena saat itu posisi saya lagi ada di tengah jalan banget, beberapa kendaraan di belakang udah klakson, dan saya makin panik dengar klakson.

Tapi karena nggak bisa ngapa-ngapain, ya udah saya hanya bisa berusaha narik dan sebelumnya mematikan mesin motor terlebih dahulu.

Saat itulah, tiba-tiba beberapa orang langsung mengelilingi saya, ada yang berusaha menjaga kendaraan lain agar berhenti sejenak, ada juga berusaha narik dengan keras tapi tetep nggak bisa.

Seorang bapak-bapak bertanya, boleh nggak digunting, dan secepatnya saya iyakan.

Tapi karena nggak ada yang punya gunting, dan takut semakin macet, jadilah beberapa orang berinisiatif mengangkat ban belakang motor dan diikutin saya yang masih nggak bisa ngapa-ngapain karena rok masih sulit lepas dari motor.

Sampai di pinggir jalan, seorang bapak-bapak datang membawa pisau, dan akhirnya rok saya disobek paksa menggunakan pisau, dan akhirnya bisa lepas.

Rok saya lalu bolong separuh di bagian samping, untung banget saya selalu pakai leging kalau pakai rok, dan kebetulan ada daleman dari rok tersebut juga.

Yang saya lakukan adalah tetap bengong memegang rok yang robek, lalu memperhatikan beberapa orang sibuk melepaskan sisa rok yang terlilit rantai motor.

Susah banget dong, untungnya ada mobil yang berhenti, dan dia bawa kunci buat buka sebagian mur dekat rantai, baru deh akhirnya rok saya terlepas.

Dan tahu nggak, ternyata rok yang kelilit itu buanyaaaaakkk banget.

Rok saya emang lebar dan panjang, saya yang termasuk lumayan jangkung aja kadang masih nyapu tanah, makanya selalu pakai rok itu sama sepatu atau sandal yang tinggi.

Setelah rok saya lepas, semua pada bubar meninggalkan saya yang cepat-cepat membungkuk berterima kasih, tak lupa mereka berpesan untuk lebih berhati-hati, lalu semua bubar.

Saya?

Secepatnya mengikat rok yang tersisa sampai ke atas banget, lalu segera naik motor kembali dan kabuuurrrrrr dari situ, saking malunya, hahahaha.

Di sepanjang jalan, antara bingung, sedih, malu karena saya tuh berasa cuman pakai bawahan leging aja. Roknya udah keangkat di atas banget, saking trauma terlilit lagi.

Biar mengurangi malu, akhirnya saya ngebut, sayangnya tetap aja malu pas harus berhenti di lampu merah, hiks.

Pas di jalan Kutai mendekati Swalayan Palapa tiba-tiba saya teringat, kalau saya bisa beli rok aja dulu di sana, karena nggak bisa banget saya pakai rok yang sobek lebar di acara tersebut, malah bikin heboh kan nanti.

Jadi, saya putuskan mampir Palapa aja, setelah parkir dan menitipkan tas, saya pun masuk ke bagian lantai 3 yang menjual pakaian orang dewasa.

Sayangnya, saya jarang ke sana, jadi nggak hafal letak jualannya, nggak tahu rok dijual di bagian mana, mau nanya yang bertugas, tapi kok nggak keliatan satupun di sana.

Ketika melewati tempat pakaian kayak kebaya, ada bawahan sarung batik yang menarik dan kayaknya sih cocok-cocok aja dipadu padankan dengan outfit saya.

Segera saya bawa kain itu ke ruang pas, nah pas di dalam ruang pas itu, ketika saya susah payah mau lepas rok, barulah tersadar, ternyata bentuk rok saya yang diikat di bagian sobek tersebut, nggak terlalu keliatan, bahkan bisa jadi kayak model lain yang bikin badan telihat lebih ramping *halah, hahaha.

rok terlilit rantai motor
Untungnya model rok ini lumayan lebar banget, jadi meski bagian sampingnya sobek lebar, saya masih bisa satukan dengan cara diikat, dan tetap terlihat pantas dipakai, hahaha 

Otak cepat berpikir sementara mata melirik jam yang saat itu sudah menunjukan pukul 10.36. Acaranya pukul 11, dan saya memperhitungkan waktu untuk cobain tuh bawahan, antri bayar, balik lagi ke kamar pas buat pake, ya ampuunnn kayaknya nggak cukup deh waktunya.

Jadilah saya putuskan nggak usah beli rok, dan langsung menuju lokasi hotel aja.

Btw, ARTOTEL TS Suites Surabaya bertetangga dengan Palapa, jadi saya putuskan parkir motor di Palapa saja, jalannya jauh lebih dekat ketimbang parkir di hotel yang sayapun enggak tahu, parkir motornya di bagian mana.

Hanya berjalan beberapa menit, sampailah saya di depan hotel, saya masuk dan nanya ke resepsionis di mana ruangan yang saya tuju, eh entah muka saya yang keliatan pucat kebingungan, dianterin deh ke lift dan dikasih tahu lantai mana yang menjadi tujuan saya.

Hanya sekejap, lift membawa saya di lantai yang dimaksud, pas keluar lift semua heran melihat saya naik lift, karena mereka semua lewat tangga, hahaha.

Saya cuman diam saja, menuju meja buat registrasi, lalu masuk ke dalam.

Ternyata di dalam udah banyak yang datang, keknya saya deh yang paling telat meskipun belum telat juga sih.

Lucunya, pas liat teman-teman yang saya kenal, semua emosi dalam bentuk air mata yang saya tahan sejak tadi, langsung meluap keluar.

Sebenarnya saya nangis bukan emosi yang buruk sih, saya cuman kaget, bingung, sampai takjub. Takjub banget dengan pertolongan Allah yang luar biasa.

 

Coba deh Temans googling tentang orang yang roknya terlilit rantai motor. Rata-rata mengalami kecelakaan yang mengerikan.

Tapi emang sih, saya beruntung banget, sampai saya pikir, keknya satu poin keberuntungan saya udah kepake siang tadi lantaran.

  • Saya yang bawa motor sendiri, jadi saya tahu dan mengkondisikan motor ketika saya merasa rok ketarik dengan keras.
  • Rok saya sangat bervolume, jadi kain yang banyak masuk kerantai itu seketika membuat motor nggak bisa jalan, berhenti total meskipun rok saya yang kelilit belum sampai menarik saya jatuh terpental ke pinggir.
  • Anak-anak nggak ikut, nggak kebayang kalau rok saya kelilit pas lagi bonceng anak-anak, bisa jadi bakal mengalami hal yang enggak-enggak.   

Kalau baca kecelakaan yang terjadi dari kejadian rok terlilit rantai motor, korbannya selalu, anak yang dibonceng atau ibu-ibu yang dibonceng. 

Dan selain daripada itu, semua karena pertolongan Allah.

Bayangkan, saya bisa seberuntung itu, rok kelilit motor tapi saya nggak kenapa-kenapa, bahkan jatuhpun enggak. Motornya tetap tegak, dan saya masih sempat menurunkan standar motor lalu mematikan mesinnya, meski aslinya bingung dan shock berat.

Di samping itu, orang-orang lalu berdatangan tanpa saya minta pertolongan sedikitpun, boro-boro mau minta tolong, saya malah berdiri kebingungan di tengah jalan, hahahah.

Orang yang bantuin pun nggak ada ngomong aneh-aneh, misal menyalahkan pakai rok panjang lah, atau apalah. Mereka semua fokus melepaskan saya dari motor dengan memotong rok saya dengan pisau yang mereka pinjam dari warung di pinggir jalan.

Lalu semua bergotong-royong melepaskan sisa kain rok dari rantai motor tersebut, masya Allaaaahhh. Setelah itu, mereka pergi pun nggak yang gimana-gimana, hanya berpesan agar saya lebih berhati-hati.

Ya Allaaaahh, semoga Allah berikan mereka semua tadi kesehatan, keselamatan dan rezeki berkah yang berlimpah, aamiin ya Allah.

Padahal, andai tidak ada orang-orang tadi, saya nggak tahu apa yang akan terjadi, saya nggak punya siapa-siapa yang bisa dihubungi, dan saya nggak tahu harus berbuat apa.

Dulu tuh, jangankan kejadian yang parah kayak gini, ban bocor aja, saya berhenti di tengah jalan, nangis lalu nelpon paksu. Dalam sekejap paksu datang menyelamatkan saya.

Pernah juga terjadi, rantai motor saya tiba-tiba putus di tengah jalan, yang saya lakukan adalah menepi, lalu menelpon paksu, lalu bagaikan pahlawan dalam sekejap diapun datang.

Terakhir kali, motor yang sama saya pakai tadi itu juga pernah rusak berat karena dipakai paksu tanpa dirawat, jadinya ketika saya pakai, tiba-tiba mesinnya berbunyi aneh, lalu mati begitu saja, dalam posisi saya melewati jalanan mendaki, sambil gendong si Adik yang masih toodler dan si Kakak di bagian belakang, dan kondisi jalanan super ramai pulak.

Yang saya lakukan cuman nangis di tengah jalan, sampai orang datang membantu saya mendorong motor ke atas, trus ditepikan, setelah itu saya nelpon paksu. Butuh sejam dia tiba, untungnya saya ditolong oleh anak-anak muda yang kebetulan lewat, mereka menawarkan untuk mendorong motor saya pakai kaki, sampai akhirnya bisa nyampe di rumah. Lalu paksu sendiri yang mengantarkan ke bengkel.

Sekarang, nggak ada yang bisa saya hubungi, paksu nggak tahu di mana, dan saya nggak punya siapa-siapa yang dalam artian bisa dimintain tolong masalah permotoran.

Tapi Allah luar biasa banget, Dia selalu mengirimkan apapun yang hamba-Nya butuhkan.

Jadi begitu ya Temans, plis jangan naik motor pakai rok panjang apalagi yang berumbai-rumbai kek rok saya. Boleh pakai rok, tapi pastikan roknya diangkat ke atas ketika naik motor.

Amannya, pakai rok yang sedikit pendek sih, nanti dilapisi celana atau leging.

Alhamdulillah ya Allah, atas pertolongan-Mu setiap saat untuk hamba-Mu, dan semoga Kau berikan yang baik-baik selalu, kepada orang-orang tadi yang sudah super baik, yang bahkan wajah mereka pun, saya udah lupa sekarang hiks.


Note: nggak ada dokumentasi, boro-boro kepikiran ambil HP buat rekam, saya aja melihat bapak-bapak tadi bergotong royong menolong saya berasa sedang mimpi aja.


Surabaya, 24-08-2024  

3 komentar :

  1. Maafkan ya mbak karena membuat mbak jadi nangis di lokasi
    Soalnya fokus perhatian kebagian rok yang diikat
    Tadinya kupikir memang model baru eh ternyata ada kejadian tidak menyenangkan di belakangnya
    Nasihat buat saya juga nih kalau dibonceng karena saya sekarang sudah gak pake celana panjang hehehe

    BalasHapus
  2. alhamdulilah mba rey nggak kenapa-kenapa, dan aku bacanya was-was, mba rey termasuk bisa tenang pas merasa ban nggak gerak, sempet nurunin standart, dan ga melaju kencang juga.

    aku sering baca berita soal rok yang kelilit, dari situ kalau aku lihat ibu-ibu di jalan, sengaja aku pepet terus aku bilang kalau roknya menjuntai ke rodanya.
    bahkan ga cuman rok aja, pernah ada ibu-ibu yang pake kerudung yang panjanggg sampai berkibar gitu, yang aku takutkan kalau kainnya masuk ke roda ban

    BalasHapus
  3. Ya allah Rey, aku bacanya sampe ikutan serem. Krn memang case2 ttg rok melilit rantai motor, rata2 fatal 😔. Masih dilindungi Tuhan banget untungnya yaa 🤗🤗.

    Tapi ide mengikat rok jadi begitu memang kereen 😅👍 ga kliatan loh kalo itu robek. Seandainya kamu ga cerita aku bakal pikir modelnya memang begitu 😅

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)