Tempat Malam Mingguan Low Budget di Surabaya

malam mingguan low budget di surabaya

Hidup di kota metropolitan Surabaya memang asyik, banyak tempat-tempat menarik yang bisa didatangi bersama keluarga khususnya untuk malam mingguan.

Sayangnya, nggak semua tempat yang menarik itu, low budget atau terjangkau oleh dompet kebanyakan masyarakat. Terlebih di masa ekonomi yang sedang kacau seperti sekarang  

Kebanyakan tempat-tempat yang menarik didatangi bersama keluarga atau orang terkasih untuk malam mingguan tersebut, sangat mengerus isi dompet maupun rekening.

Dan, beberapa tempat malah memberlakukan harga yang kadang mengecoh pengunjung. Misal dengan mencantumkan harga yang belum termasuk PPN. Sehingga beberapa pengunjung terkecoh dengan harga yang ternyata lebih dari yang dicantumkan, karena di luar pajak.

Namun jangan khawatir, masih ada beberapa tempat yang bisa didatangin untuk malam mingguan bersama keluarga dan orang tercinta, dan tentunya low budget, di antaranya: 


1. Taman Balai Kota Surabaya atau Taman Surya

Taman balai kota Surabaya terletak di depan balai kota Surabaya yang merupakan kantor pemerintahan kota ini, dan menjadi tempat berkantor walikota dan wakilnya. Oleh Eri Cahyadi, walikota Surabaya, taman ini disebut dengan taman Surya.

taman surya malam mingguan

Dengan luas sekitar 2,5 hektar, taman ini selalu menjadi jujugan para masyarakat untuk bersantai dan sekadar hang out murah bahkan gratis bersama keluarga khususnya malam mingguan.

Masyarakat bebas masuk dengan gratis ke dalam lingkungan taman Surya, untuk menikmati beberapa fasilitas dan keindahan yang ditawarkan di sana.

Ada air mancur yang cantik berada di tengah-tengah taman, menikmati rindangnya pepohonan di sana, atau sekadar jalan-jalan santai di sekitar taman, yang disediakan joging track-nya.

Ketika malam minggu, taman ini sangat ramai oleh banyak pengunjung masyakat untuk sekadar melepas lelah menikmati keindahan malam bersama keluarga.

Tak perlu khawatir merasa lapar dan haus, pengunjung bisa membeli makanan ringan dan minuman di beberapa stand yang disediakan pemkot untuk menjual beberapa barang yang dibutuhkan pengunjung. Anak-anak juga bisa menikmati malam dengan bermain bubble ataupun capung menyala yang banyak dijual oleh beberapa penjual di sekitar sana.

Meski taman ini sangat ramai, free ongkos masuk, tapi bukan berarti tempatnya tidak terurus ya. Taman ini sangat cantik dan bersih serta terurus. Tak pernah ada sampah berserakan terlihat di sana.

Pedagang yang ada pun diatur dengan baik, sehingga mereka tidak berjualan sembarangan dan mengganggu kenyamanan pengunjung.

Karena itulah, taman balai kota ini, selalu menjadi salah satu tempat wisata malam mingguan yang low budget bagi masyarakat di Surabaya.  


2. Taman Suroboyo

Tempat malam mingguan yang low budget di Surabaya selanjutnya adalah Taman Suroboyo. Taman yang berada di depan Sentra Ikan Bulak (SIB) menempati lahan seluas 11.000 m2.

taman suroboyo malam mingguan

Yang menarik dari taman ini, adanya patung Suro dan Boyo yang besar setinggi 25 meter. Dan di sekitar patung tersebut dibangun area bermain untuk anak-anak secara gratis.

Selain itu. taman ini terletak di tepi pantai Kenjeran, sehingga menjadi pilihan masyarakat untuk sekadar berkunjung ke tamannya, atau berjalan-jalan menikmati sisi pantai Kenjeran dengan pemandangan pulau Madura dan jembatan Suramadu di kejauhan.

Untuk masuk ke taman ini, masyarakat sama sekali tidak dipungut biaya, hanya perlu membayar parkir kendaraan dengan harga yang standar saja.

Dan jika lapar atau haus, ada beberapa penjual makanan dan minuman yang bisa dijadikan tujuan kuliner dengan harga terjangkau.

Di siang hari, pengunjung juga bisa menyewa kapal untuk berkeliling di sekitar jembatan Kenjeran.  


3. Pasar Malam Kodam Brawijaya

Tempat malam mingguan di Surabaya yang low budget berikutnya adalah, pasar malam Kodam Brawijaya. 

pasar malam kodam brawijaya

Berada di sekitar komplek Kodam V Brawijaya Surabaya, yaitu di Jalan Brawijaya, Sawunggaling, Wonokromo, Surabaya. Di sini pengunjung bisa melakukan banyak hal yang menarik, menghibur dan tentunya terjangkau.

Bagi yang ingin mengajak anaknya bermain, di sini ada banyak pilihan permainan anak, dengan harga yang tentunya terjangkau.

Orang dewasa juga dimanjakan oleh banyaknya produk fashion dan kebutuhan rumah yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau di sini.

Dan yang paling menarik adalah, di sini merupakan surganya beragam makanan, dengan harga yang masih terjangkau.
Mau makanan yang berat seperti nasi ayam, nasi soto dan lainnya. Atau sekadar ingin ngemil beberapa jajanan Korea, Jepang dan tentunya Indonesia.

Kesemuanya dijual dengan harga yang masih sangat terjangkau untuk masyarakat kelas menengah ke bawah di Surabaya 


4. Taman Grand Harvest

Taman Grand Harvest menjadi salah satu tempat pilihan masyarakat Surabaya untuk bermalam Mingguan secara low budget.

taman grand harvest surabaya

Terletak di kawasan perumahan Grand Harvest di Balas Klumprik Surabaya, taman ini sebenarnya merupakan fasilitas utama perumahan ini. Namun, juga dibuka untuk umum untuk sekadar joging, atau duduk santai menikmati senja hingga malam minggu tiba.

Pemandangan di taman ini sangat indah khususnya di sore hari, ditambah udaranya yang masih terbilang segar, menjadikan taman ini menjadi salah satu destinasi malam mingguan dengan low budget di Surabaya.

Untuk masuk di taman ini, pengunjung sama sekali nggak ditawarkan membeli tiket, Selain membayar tiket kendaraan saja.

Karena itulah, taman ini masih menjadi salah satu tempat terbaik buat beberapa masyarakay, khususnya yang bertempat tinggal di sekitar taman tersebut. 


Surabaya, 03-08-2024

Blogger Surabaya -  Reyne Raea

Sumber: pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey dan berbagai sumber 

2 komentar :

  1. taman Grand Harvest boleh juga nih, mayan kalau sore-sore kesana sambil jogging.
    terus itu bisa naik perahu juga ya mba?
    dari sekian list diatas, palingan cuman balai kota aja yang aku samperin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaaa, enak banget sih di Taman Grand Harvest, paling pas kalau datangnya menjelang Magrib, duh asyik banget liat sunset

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)