5 Prinsip Penting Manajemen Waktu Mom Blogger Ala Rey

 prinsip penting manajemen waktu

They: "Mbak Rey, sharing dong, gimana caranya bisa konsisten ngeblog setiap hari, trus bisa dapat duit, padahal urus anak 2 orang, sendirian?"

Me: "Manajemen waktu!

Yup, manajemen waktu bagi mom blogger itu penting, dan paling utama dalam menyangkut semua hal. Jika ingin menjadi mom blogger atau ibu rumah tangga blogger yang happy, punya penghasilan sendiri, mental sehat, ya kunci utamanya nggak ada selain manajemen waktu.

Itulah mengapa, setiap kali ada yang nanya saya tentang cara jadi mom blogger, cara menghasilkan uang dari blog, bagaimana caranya seorang IRT bisa berdaya dan semacamnya.

Jawaban utama saya selalu satu, atur waktumu

Betapa pentingnya manajemen waktu buat siapa pun termasuk untuk mom blogger. Sehingga menjadi salah satu hal yang pertama dan utama dalam semua hal.

Karena dunia ibu-ibu khususnya, begitu beragam, penuh dengan kegiatan yang tak akan ada habisnya. Jangankan hendak ditambah dengan kegiatan ngeblog, bahkan enggak pakai acara cari uang pun, banyak yang kelimpungan menjalaninya.  

Karena itulah, yang namanya mengatur waktu, disiplin menjalaninya dengan konsisten itu wajib.

Meskipun, dalam menerapkannya, ada beberapa prinsip penting yang harus dipahami, setidaknya buat saya pribadi ya.

Di antaranya: 


1. Sesuaikan dengan kondisi

Yup, manajemen waktu itu sangatlah penting untuk diterapkan sesuai dengan kondisi, jadi antara para ibu, nggak bisa disamakan satu sama lainnya.

prinsip penting manajemen waktu sesuaikan kondisi

Kondisi-kondisi seperti saya misalnya, yang merupakan single fighter mom, mengurus 2 anak seorang diri tanpa bantuan siapapun. Karena nggak ada papinya anak-anak, sementara keluarga kandung saya tinggal terpisah pulau dari saya.

Mau nggak mau, dalam penerapan dan penyusunan manajemen waktunya tentunya akan berbeda dengan ibu-ibu lainnya, yang mungkin working mom at office, atau bahkan sesama IRT tapi ada keluarga atau suami yang bisa diajak bekerja sama. 


2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Dalam menyusun dan memberlakukan manajemen waktu, akan lebih bijak kalau disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Kebutuhan di sini bisa disebut dengan goal atau tujuan utama setiap orang. 

Misal, saya punya kebutuhan utama berupa bisa menghasilkan uang dari blog atau menulis, tapi anak-anak juga tetap terurus dengan baik.

Maka, dalam menyusun manajemen waktu, hal penting dari kebutuhan tersebut lebih mendapatkan porsi waktu yang utama dan prioritas.

Dan kebutuhan lainnya, tentunya menyesuaikan.


3. Sesuaikan dengan karakter diri

Kehidupan setiap orang itu berbeda-beda, seringnya ditentukan oleh banyak hal, salah satunya adalah karakter diri.

Kayak saya misalnya, punya karakter yang menyukai kebersihan dan kerapian. Maka hal-hal yang menyangkut kebersihan dan kerapian ini harus diperhatikan sedemikian rupa, sehingga tidak mengganggu waktu untuk mengerjakan hal lainnya.

Mengutamakan hal-hal yang kita lebih concern sesuai karakter, dapat mempengaruhi keseluruhan manajemen waktu. Misal untuk karakter saya ya, selancar apapun hari saya, kalau sampai di rumah yang terlihat adalah berantakan, lantai berdebu dan lainnya, bisa jadi mempengaruhi mood saya banget.

Demikian juga, ketika hendak tidur, saya harus memastikan semua ruangan khususnya dapur, untuk dirapikan dulu. Untuk memastikan keesokan harinya saya bisa memulai hari dengan mood yang lebih baik, karena nggak melihat dapur yang berantakan.

Tapi, ada juga loh orang yang karakternya nggak terlalu peduli dengan hal itu, tapi nggak bisa kurang tidur. Maka, boleh saja menunda beberes dapur di malam hari, dan dikerjakan di pagi hari saja, yang penting waktu tidurnya cukup dan bikin lebih segar dan semangat dalam memulai hari. 


4. Tulis jadwal itu penting

Ini sebenarnya yang paling penting dan menentukan bagi manajemen waktu itu sendiri, yaitu tulislah jadwal dan kalau perlu di-print dan dipajang.

prinsip penting manajemen waktu tulis jadwal

Ini ngaruh banget, untuk bisa selalu stay in a line. Karena percayalah, hidup disiplin mengikuti jadwal yang merupakan implementasi utama dari manajemen waktu itu, sulit!. 

Saya yang udah bertahun-tahun menerapkan hal ini saja, masih sering bablas dan tidak patuh sama jadwal. Padahal jadwalnya saya tulis dan print pulak.

Kebayang nggak sih kalau jadwalnya nggak ditulis.

Oh ya, adapun cara menyusun jadwal harian sebagai implementasi, bisa baca di postingan saya tentang step by step manajemen waktu IRT blogger.


5. Prinsip Prioritas itu Penting

Dan kunci dari keberhasilan manajemen waktu khususnya bagi para single fighter mom blogger kayak saya adalah, harus pandai-pandai menerapkan prinsip prioritas.

Ini berkaitan juga dengan poin 2 di atas sih ya, di mana kebutuhan atau goal para mom blogger itu banyak. Di sisi lain, sebagai seorang ibu harus banget bisa mengerjakan semuanya, ya masak, nyuci, nyetrika, beberes, urus kebutuhan anak, membersamai jadwal anak, temanin main, belajar dan lainnya.

Juga harus ke pasar, antar jemput anak, ikut kegiatan anak di sekolah, pokoknya beragam. Dan di sisi lain, sebagai blogger yang butuh duit, tentu saja saya nggak bisa diam aja menanti datangnya penawaran kerja sama dari klien kan.

Saya juga harus menulis di blog setiap hari, sehingga setidaknya ketika ada penawaran kerja sama, ada modal utama yang bisa saya berikan ke klien, yaitu blog yang aktif. 

Dengan banyaknya kegiatan yang harus dilakukan dalam 24 jam, tentu saja adalah hal yang imposible bisa dilakukan dengan sempurna untuk kesemuanya. Harus ada satu dua kebutuhan dalam kegiatannya yang dikorbankan.

Untuk itulah diberlakukan prinsip prioritas. Mana yang paling penting, itulah yang diutamakan.


Kesimpulan dan Penutup

Manajemen waktu adalah kunci utama bagi siapa saja, terutama bagi mom blogger yang harus membagi waktu antara mengurus anak, rumah, dan juga pekerjaan. Dengan penerapan manajemen waktu yang baik, seorang ibu bisa tetap produktif dan bahagia menjalani peran ganda tersebut. 

Ada beberapa prinsip penting yang perlu dipahami, seperti menyesuaikan jadwal dengan kondisi dan kebutuhan, mempertimbangkan karakter diri, serta menetapkan prioritas dengan bijak.

Mengatur waktu tidak hanya tentang mengatur aktivitas sehari-hari, tetapi juga bagaimana kita menyusun prioritas, menjaga konsistensi, dan beradaptasi dengan keadaan yang selalu berubah. 

Dalam dunia yang penuh dengan berbagai tuntutan, kemampuan mengelola waktu dengan baik akan membantu seorang ibu, terutama single fighter mom, untuk tetap berjalan di jalur yang benar dan mencapai tujuan.

Karena pada dasarnya, menjadi seorang mom blogger yang sukses bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan manajemen waktu yang tepat, disiplin, dan kemampuan menetapkan prioritas, semua itu bisa tercapai. 

Setiap mom memiliki tantangan masing-masing, namun dengan strategi yang tepat, kita bisa menjalani peran kita dengan lebih terarah dan efektif. Manajemen waktu bukan hanya solusi, tapi juga senjata untuk menjalani hidup dengan lebih baik dan seimbang.


Surabaya, 22-09-2024

Sumber: opini dan pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)