Upgrade Skill Dari Blogging untuk Peluang Baru yang Lebih Cuan

upgrade skill blogging untuk peluang baru

Tahu nggak sih, betapa beruntungnya kita sebagai blogger, apalagi yang memutuskan jadi blogger profesional ya. Karena begitu banyak skill yang akhirnya tanpa sadar kita kuasai seiring waktu konsisten mengelola blog.

Nah, skill ini sebenarnya bisa kita upgrade dengan serius, sehingga bisa membuka lebih banyak peluang baru, lebih dari sekadar ngeblog.

Seperti yang kita ketahui kan ya, dunia blogging akhir-akhir ini memang sedang sepi. Eh tepatnya sih semakin sepi, *sad!.

Dunia digital memang mulai perlahan meninggalkan blog, apalagi setelah para AI bermunculan dan menguasai mesin pencarian. Salah satunya dengan hadirnya Gemini yang semakin mendepak keberadaan blog.  

Di zaman sekarang, hampir semua keyword pencarian di google, dikuasai oleh Gemini. Bahkan semakin hari, jawaban yang diberikan Gemini semakin lengkap dan membuat semua pengguna google, tidak lagi mau mengeklik artikel lain, dan hanya percaya Gemini.

Sialnya lagi, hampir semua orang, tidak paham konsep tulisan di google, di mana 1 artkel sebenarnya belum tentu mewakili semua jawaban yang tepat. Akan lebih baik jika kita membaca banyak artikel untuk itu.

Tapi tidak!.

Entah karena minimnya kemampuan membaca masyarakat zaman sekarang kali ya, jadi apapun yang ditampilkan Gemini di halaman paling atas, jawaban itulah yang mereka pakai dan percayai.

Jangankan blog kita yang masih sangat sulit bersaing dengan website berita besar ya, para web berita aja kalah sama Gemini, hahaha.

Untuk itulah, para blogger wajib banget mulai memikirkan peluang lain untuk menghasilkan uang, yang tentunya belum dikuasai para AI, hahaha.

Agar lebih mudah, kita bisa memulainya dengan menggunakan skill yang sudah kita punyai selama menjadi blogger.

Nah kebetulan nih, beberapa waktu lalu saya ikutan Blogger Hangout yang diselenggarakan oleh Blogger Crony dan difasilitasi oleh Carro Indonesia. 

upgrade skill blogging

Btw, Carro adalah tempat jual beli mobil bekas bersertifikat dan terbaik di Indonesia. Sudah setahunan ini Carro bekerja sama dengan Blogger Crony mengfasilitasi para blogger belajar tentang banyak hal secara lebih mendalam.

Acara ini diselenggarakan secara hybrid yaitu secara offline maupun online, dan saya berkesempatan mengikuti secara online.

Dan di acara ini, menampilkan Mbak Novarty selaku teman blogger dan penulis dari 2 buku solo dan banyak buku antologi, yang sharing tentang materi 'Upgrade Skill untuk Membuka Peluang Baru'.

Ilmunya menarik banget, karenanya sayang banget kalau enggak saya bagikan buat temans lainnya, sekalian saya tambahin dengan beberapa hal yang juga saya ketahui atau riset dari artikel terpercaya lainnya.


Beberapa Skill Dari Blogging

Ada beberapa skill yang sudah mulai hingga banyak dikuasai para blogger selama ngeblog, di antaranya:

contoh skill blogging


1. Menulis

Kalau ini mah udah nggak bisa diragukan lagi ya, yang namanya blogger, pasti bisa menulis. Baik menulis secara formal, maupun dengan ciri khas.

Bahkan beberapa blogger menguasai tulisan dengan cara copy writing, dan ini sebenarnya skill yang mumpuni di masa sekarang.


2. SEO dan Web Design

Sebagai blogger kita dituntut untuk mengerti ilmu SEO, meskipun nggak semua blogger bisa menguasai ya. Karena plis lah, waktu kita juga terbatas, apalagi buat mom blogger kayak saya kan ye.

Saya sendiri, hanya menguasai teori SEO dasar, belum bisa menguasai penerapannya secara maksimal. Tapi tau nggak sih, kemampuan memahami SEO ini sangat dibutuhkan di zaman now loh. 

Bukan hanya itu, kemampuan menciptakan web design, bagi blogger yang terbiasa mengutak atik template blognya sendiri. Yang kreatif mendesign tampilan serta coding yang tepat. Ini bakalan dibutuhkan untuk membuka peluang lain loh.


3. Design Visual

Menjadi blogger di zaman sekarang, banyak yang juga tanpa sengaja menguasai design visual. Hal ini dikarenakan oleh tuntutan zaman yang mana blogger juga diharuskan menampilkan gambar yang informatif baik untuk artikelnya, maupun untuk postingan di media sosial.

Kemampuan ini, bisa diasah lebih mendalam, sehingga menjadi sebuah modal untuk digunakan pada peluang lainnya yang baru.


4. Fotografi / Videografi

Para blogger juga dituntut untuk bisa menghasilkan foto yang bagus untuk kelengkapan artikelnya, sehingga tanpa disadari blogger di zaman sekarang juga mulai menguasai tehnik fotografi yang lebih baik.

Bahkan, dengan tuntutan tambahan para blogger juga aktif di media sosial dengan menyajikan konten video, mau tidak mau kemampuan blogger dalam menghasilkan video, jadi terasah.


5. Konten Kreator

Blogger di zaman sekarang dituntut untuk lebih memperkenalkan blog maupun profesinya secara lebih meluas, salah satunya dengan melalui media sosial. Sehingga tanpa sadar para blogger jadi familier dengan pekerjaan konten kreator.


6. Personal Branding

Untuk memperkenalkan dirinya dan blognya, para blogger banyak dituntut untuk mampu melakukan personal branding melalui media sosial misalnya.

Sehingga kemampuan menguasai dunia personal branding blogger mulai dikuasainya.


7. Networking

Salah satu cara menjadi blogger profesional adalah dengan berkumpul dengan berbagai komunitas, sehingga menjalin lebih banyak networking.


8. Komunikasi

Meski mungkin lebih banyak berkomunikasi dalam tulisan, tapi tidak menutup kemungkinan kemampuan ini juga bisa digunakan dalam komukasi secara langsung di dunia nyata. Terutama ketika sedang berada di lingkup komunitas blogger, misalnya. 


9. Manajemen Waktu

Ini yang paling penting dan jadi salah satu modal utama untuk menjadi mom blogger profesional, yaitu kemampuan manajemen waktu dengan baik,


Contoh Peluang Baru untuk Menghasilkan Uang Selain Blogging

Ternyata ada banyak loh peluang yang bisa diambil oleh para blogger, tentunya berbekalkan dari skill yang terbentuk selama menjadi blogger.

Meskipun emang sih, nggak bisa langsung ujug-ujug bisa ditekuni langsung menghasilkan uang, tapi dimulai dengan upgrade skill itu dahulu.

Fyi, dunia blogging ini memang merupakan sebuah profesi yang membutuhkan banyak kemampuan atau skill, tapi kesemuanya bisa berjalan meskipun dalam tingkatan rata-rata.

Misal, nggak perlu jadi ahli atau pakar SEO untuk menjadi blogger, cukup mengerti aja teori dasar dan implementasinya, udah bisa tuh jadi blogger.

Namun, ketika ingin memasuki peluang baru, tentunya sama aja memasuki dunia yang lebih spesifik dari sekadar ngeblog. Karenanya dibutuhkan skill yang juga lebih spesifik dan mumpuni.  

Caranya gimana? upgrade skill-nya tsayyy! Bisa dengan ikut kelas dari skill yang kita punyai. Misal, pengen menghasilkan uang dengan peluang SEO, ya ikut kelas SEO sana brosis!. 

peluang baru dari skill blogging

Berikut beberapa peluang yang bisa kita, para blogger jalankan dan menghasilkan uang juga, di antaranya:


1. Kepenulisan 

Dari skill menulis kita, bisa banget loh digunakan untuk beberapa peluang lain yang berkaitan dengan dunia menulis.

Mulai dari kepenulisan buku yang mencakup menjadi penulis buku sendiri, entah buku fiksi ataupun non fiksi. Menjadi ghost writer yaitu menulis bukunya orang tapi nama penulis bukunya nggak pakai nama kita, yang penting kan dibayar, hahaha.  

Bisa juga dengan menjadi editor, sebagai penerjemah buku hingga membuka agensi penerbitan buku.

Selain itu, kita juga bisa menjadi penulis lepas, seperti SEO content writer, online ghost writer, copy writer hingga menjadi penulis artikel di platform atau website media.  


2. Konten Kreator dan Influencer

Tuntutan blogger yang harus aktif di media sosial, bisa diseriusin menjadi konten kreator hingga influencer.

Kita juga bisa menjual skill untuk menulis caption, bikin draft voice over, hingga pengambilan gambar.


3. Visual opportunity

Skill blogging lainnya yang terbentuk dari kebiasaan menyajikan foto terbaik untuk artikel kita di blog. Bisa di-upgrade lalu digunakan untuk menerima job lain seperti: fotografi, videografi, hingga berkontribusi di beberapa platform, ataupun yang berhubungan dengan pendukung konten kreator maupun influencer


4. Dunia Film

Beberapa skill yang terbentuk dari blogging, juga bisa digunakan dalam dunia pembuatan film loh.

Misal, menjadi penulis skenario yang membutuhkan skill menulis, hingga menjadi sutradara film karena biasanya penulis skenario lebih paham bagaimana adegan tersebut harusnya dilakukan.

  

5. Bidang SEO dan Web Desain

Kalau ini mah jelas ya, semua hal yang berhubungan dengan SEO, baik menulis secara SEO, mengevaluasi SEO dari sebuah blog atau website dan lainnya.

Bisa juga dengan menjual template blog dari skill web design yang dikuasai.


6. Bidang kompetisi

Dalam bidang kompetisi atau perlombaan, skill blogging juga dibutuhkan loh. Bisa dengan menjadi peserta lomba blog atau lomba menulis. Apalagi sekarang tuh kadang nulis artikel lomba blog juga seringnya dibayar juga. 

Bisa juga dengan menjadi juri perlombaan, di mana kesemuanya ini sangat mendukung personal branding dan membuka peluang kerjasama lainnya, khususnya dalam bidang blogging.


7. Narasumber

Skill blogging juga akan membuka peluang menjadi narasumber sebuah acara. Bisa dengan membagikan pengalaman blogging, atau ilmu-ilmu dari bidang tertentu yang dikuasai.

Atau juga membagikan pengalaman dari prestasi ataupun pencapaian yang pernah dimiliki. 


8. Komunitas

Dunia blogging tidak lepas dari yang namanya berkomunitas. Dan dalam komunitas ini bisa menjadi wadah untuk membuka peluang cuan baru, di antaranya: event organizer, publik speaking, manajemen waktu, komunikasi, administrasi dan masih banyak lagi. 


9. Jualan produk digital

Dan last but not least adalah, menciptakan produk digital dari ilmu skill yang kita kuasai, lalu dijual sebagai produk digital.


Sebenarnya masih banyak peluang baru yang tercipta dari skill blogging yang tetunya harus lebih di-upgrade dulu.

Para blogger bisa memilih mendalami salah satu yang menarik buat mereka, dan pastikan punya skill yang memadai untuk itu ya. 

Kalau saya pribadi, sepertinya sih lebih tertarik dalam bidang kepenulisan, dan manajemen waktu. Insya Allah ingin mengembangkan skill untuk mendukung hal tersebut.


Kesimpulan dan Penutup

Menjadi seorang blogger bukan hanya tentang menulis artikel, tetapi juga melibatkan berbagai keterampilan yang tanpa disadari berkembang seiring waktu. 

Dari skill menulis, SEO, desain visual, hingga personal branding, semua keterampilan ini dapat di-upgrade untuk membuka peluang baru di luar dunia blogging. Terlebih di era digital yang semakin dikuasai oleh AI seperti Gemini, penting bagi para blogger untuk memikirkan langkah selanjutnya agar tetap relevan dan menghasilkan pendapatan.

Dunia blogging mungkin sedang mengalami penurunan, namun bukan berarti kita harus berhenti. Dengan mengembangkan keterampilan yang sudah kita kuasai selama ngeblog, kita bisa menemukan peluang baru yang lebih menjanjikan. 

Apapun pilihannya, yang terpenting adalah terus belajar, beradaptasi, dan berusaha meningkatkan skill agar tetap kompetitif di tengah perubahan zaman. Jangan takut mencoba hal baru, siapa tahu justru di sanalah kesuksesan menanti.


Surabaya, 08-10-2024

Sumber: 

  • Blogger Hangout BCC x Carro
  • https://www.qubisa.com/article/skill-wajib-blogger-profesional diakses 08-10-2024
  • https://www.ryrob.com/blogging-skills/ diakses 08-10-2024
Gambar: Canva edit by Rey

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)